Kompas.com - 31/12/2020, 16:23 WIB
Ilustrasi laki-laki Ilustrasi laki-laki

KOMPAS.com –Mr. dan Sir sama-sama digunakan untuk sebutan atau panggilan seorang pria. Apa perbedaan antara keduanya?

Mungkin kalian pernah mendengar seseorang memanggil “Mr.” maupun “Sir”. Dua sebutan ini ditujukan kepada pria yang artinya bisa “Tuan” atau “Bapak”. Sapaan ini digunakan untuk menunjukkan rasa hormat atau sopan santun kepada orang lain.

“Mr.” sendiri merupakan singkatan dari “Mister”. Lain dengan panggilan untuk wanita (Mrs. dan Ms.) yang berbeda penggunannya, “Mr.” bisa digunakan untuk memanggil pria yang masih lajang maupun sudah menikah.

Penggunaan “Mr.” diikuti dengan nama (biasanya nama belakang) dari orang yang kita sebutkan. Misalnya Mr. Smith, Mr. Brown, Mr. Jones, dan lain-lain.

Melansir Cambridge Dictionary, julukan seperti Mr, Mrs, Ms, Dr, Prof, yang diikuti dengan nama belakang biasanya merupakan penggunaan dalam situasi formal.

Baca juga: Bedanya Mrs. dan Ms.

Sedangkan untuk “Sir”, biasanya digunakan untuk menyapa seseorang. Dilansir dari Collins Dictionary, “sir” biasa dipakai untuk situasi yang sangat formal dan cara yang sopan untuk menyapa seseorang yang tidak kita ketahui namanya atau yang mempunyai derajat lebih tinggi.

Penggunaan “Sir” tidak diikuti dengan nama seseorang karena ketika ia diikuti dengan nama maka maksudnya ialah penyebutan bagi ksatria atau baronet. “Sir” juga sering digunakan untuk menyapa seseorang dalam penulisan surat, seperti “Dear Sir”.

Contoh sederhana dari penggunaan “Mr.” dan “Sir” ialah ketika kita memanggil bapak guru di sekolah, kita biasa memanggilnya “Pak”, maka dalam bahasa Inggris menjadi “Sir”.

Contoh:
Sir, I would like to ask a question. / Pak, saya ingin mengajukan pertanyaan.
I think Mr. Williams is still in his office. / Aku rasa Pak Williams masih ada di kantornya.

Dilihat dari contoh di atas, maka penggunaan dua sapaan ini berbeda karena “Mr.” diikuti oleh nama sedangkan “sir” tidak.

Baca juga: Kepanjangan Mrs. dan Cara Membacanya

Contoh kalimat lain:

  • Welcome to the Wonderful Store. May I help you, Sir? / Selamat datang di Toko Wonderful. Ada yang bisa saya bantu, Pak?
  • Mr. Davis, your wife is calling. / Tuan Davis, istri Anda menelepon.
  • Dear Sir, we have received the package you delivered last week. / Saudara yang terhormat, kami telah menerima paket yang Anda kirimkan minggu lalu.
  • Sir, could you please explain point a once again? / Pak, bisa tolong jelaskan poin a sekali lagi?
  • Dion told me that our math teacher might be Mr. Miller. / Dion memberi tahuku bahwa guru matematika kita mungkin Pak Miller.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.