Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UAS Kimia: Kegunaan Unsur Karbon-14

Kompas.com - 26/12/2020, 19:11 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kita sering membaca berita tentang fossil binatang maupun manusia yang ditemukan hidup pada ratusan bahkan jutaan tahun yang lalu. Ilmuan dapat menentukan umur suatu fosil melalu bantuan jam karbon yang menggunakan isotop radioaktif karbon-14.

Bagaimana cara menentukan umur fosil oleh isotop karbon-14 dan menghitung umur fossil dari waktu paruhnya? untuk mengetahui jawabannya, marilah kita simak penjelasan dibawah ini!

Soal dan Pembahasan

1. Bagaimanakah arkeolog dapat mengetahuin umur fosil?

Jawaban:

Arkeolog dapat menentukan umur fosil dari lapisan batuan tempatnya berada, karena lapisan batuan memiliki umurnya masing-masing. Namun arkeolog juga dapat menentukan umur fosil dari penanggalan karbon.

Dilansir dari Scientific American, kadar karbon-14 dalam tubuh makhluk hidup cenderung sama dengan lingkungannya.

Namun saat makhluk hidup itu mati, mereka berhenti mengonsumsi karbon-14 dan terjadilah proses radioaktivitas dimana karbon-14 dalam tubuh meluruh secara eksponensial. Kadar isotope karbon-14 akan meluruh setengahnya dalam waktu 5.730 tahun.

Isotop karbon-14 digunakan karena selalu diserap makhluk hidup dan juga sifatnya yang stabil dengan waktu paruh yang mudah diketahui untuk menghitung umur fosil.

Baca juga: Berusia 47 Juta Tahun, Ini Fosil Ular Piton Tertua di Dunia

 

Penanggalan karbon-14 dapat digunakan untuk meneliti fosil setua 50.000 tahun, diatas umur tersebut biasanya karbon telah sepenuhnya meluruh sehingga ilmuan menggunakan bahan lain seperti timbal uranium yang waktu paruhnya lebih panjang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com