Variasi Memegang Bet Shakehand Grip dalam Permainan Tenis Meja

Kompas.com - 02/12/2020, 12:45 WIB
Tim tenis meja beregu Indonesia sukses menyapu bersih semua pertandingan beregu dengan kemenangan pada hari pertama ASEAN Para Games IX/2017 ketika berlangsung di Malaysian International Trade and Exhibition Center (MITEC), Kuala Lumpur, Minggu (17/9/2017). Tim tenis meja beregu Indonesia sukses menyapu bersih semua pertandingan beregu dengan kemenangan pada hari pertama ASEAN Para Games IX/2017 ketika berlangsung di Malaysian International Trade and Exhibition Center (MITEC), Kuala Lumpur, Minggu (17/9/2017).

KOMPAS.com - Siapa yang tidak mengenal permainan tenis meja? Banyak masyarakat yang lebih mengenal permainan ini sebagai permainan pingpong.

Permainan tenis meja sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Tidak hanya sebagai olahraga, permainan pingpong juga bisa menjadi sarana rekreasi.

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), permainan tenis meja merupakan olahraga yang dilakukan dengan memukul bola pingpong menggunakan bet di atas meja khusus sebagai area lapangannya.

Dalam melakukan permainan tenis meja, butuh penguasaan teknik dasar yang mumpuni. Secara garis besar, permainan pingpong memiliki tiga teknik dasar.

Teknik memegang bet, teknik melakukan servis, serta teknik melakukan pukulan, merupakan tiga teknik dasar yang wajib dikuasai oleh para pemain pingpong.

Baca juga: Peraturan Dasar Pertandingan Pencak Silat

Memegang bet merupakan teknik dasar yang wajib dikuasai. Teknik ini sangat berpengaruh pada hasil pukulan dengan bet.

Salah satu teknik memegang bet yang paling mudah dipelajari oleh pemula adalah teknik shakehand grip.

Bagaimana cara melakukannya?

  • Shakehand grip 

Istilah atau nama shakehand grip diambil dari bentuk posisi tangan saat memegang bet. Sesuai dengan namanya, jenis pegangan ini mirip dengan posisi saat akan berjabat tangan.

Jenis pegangan ini sangat umum digunakan di negara barat serta beberapa negara di Asia. Berikut adalah langkah-langkah melakukan shakehand grip:

  1. Posisikan tangan seperti saat akan berjabat tangan.
  2. Letakkan jari kelingking, jari manis dan jari tengah dalam posisi melingkar di bagian pegangan bet.
  3. Posisi jari telunjuk menyentuh tepi karet. Namun, pegangan bet juga harus terselip di antara jari telunjuk dan juga ibu jari.
  4. Antara ibu jari serta jari telunjuk membentuk huruf 'V', namun keduanya menempel pada pegangan dan bagian kepala bet.

Baca juga: Istilah Penting dalam Permainan Baseball

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X