Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tipe Kromosom dan Perannya dalam Pewarisan Sifat

Kompas.com - 05/11/2020, 20:47 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam materi sebelumnya kita telah membahas bahwa kromosom memiliki daerah penyempitan yang dinamakan dengan sentromer.

Letak sentromer pada kromosom berbeda-beda dan membedakan kromosom menjadi beberapa tipe seperti metasentrik, submetasentrik, akrosentrik, dan telosentrik.

Tipe-Tipe Kromosom

 

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Tipe-tipe kromosom

  • Metasentrik

Dilansir dari Genetic Education, metasentrik adalah tipe kromosom yang memiliki sentrosom tepat ditengah kedua lengan kromonema. Sentrosom yang ditengah membuat kedua lengan kromonema sama panjangnya dan membentuk huruf V.

  • Submetasentrik

Submetasentrik adalah tipe kromosom dengan sentrosom yang berada lebih dekat dengan salah satu lengan. Hal ini terlihat pada gambar di mana salah satu lengan kromosom sedikit lebih panjang dibanding lengan satunya.

Baca juga: Kromosom: Sifat dan Klasifikasinya

  • Akrosentrik

Akrosentrik adalah tipe kromosom dengan sentrosom yang berada sangat dekat dengan lengan p kromonema. Hal ini berarti lengan kromonema akan jauh lebih panjang dibandingkan dengan lengan p nya.

  • Telosentrik

Telosentrik adalah tipe kromosom dengan sentrosomnya tepat berada diujung lengan q kromosom.

Hal ini berarti kromosom telosentrik hanya memiliki satu lengan saja. Dilansir dari Genetic Education, Manusia tidak memiliki kromosom telosentrik, kromosom ini dimiliki oleh tikus rumah.

Peran Kromosom dalam Pewarisan Sifat

Dilansir dari Genetic Education, kromosom berfungsi untuk menyimpan informasi genetik, memasukannya pada sel, melindungi gen dan DNA dari kerusakan, serta membantu mengatur ekspresi gen. seluruh proses pewarisan sifat berlangsung didalam kromosom.

Baca juga: Gen dan Kromosom: Bagaimana Pewarisan Sifat Bekerja?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com