Kompas.com - 03/11/2020, 16:29 WIB
Sebuah contoh ilustrasi kromosom dalam sel. KOMPAS.com/RIGEL RAIMARDASebuah contoh ilustrasi kromosom dalam sel.

KOMPAS.com - Masih ingatkah kamu bahwa DNA manusia untaiannya sangat panjang sehingga dilipat sedekian rupa membentuk kromosom agar bisa masuk kedalaminti sel yang kecil.

Jadi, kromosom adalah kumpulan DNA panjang yang ditemukan didalam inti sel baik pada organisme eukariotik maupun prokariotik. Prokariotik memiliki 1 krosomom, sedangkan eukariotik memiliki jumlah kromosom yang bermacam-macam tergantung individunya.

Sifat Kromosom

Kromosom diambil dari bahasa Yunani yaitu kata chroma yang berarti warna dan soma yang berarti tubuh, maka kromosom berarti warna tubuh. Penggunaan nama tersebut digunakan karena kromosom mementukan sifat fisik yang dimiliki oleh individu.

Kromosom memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil, yaitu 0,2 hingga 0,4 mikron. Bukankah menakjubkan hal yang sangat kecil dapat memberikan tubuh yang indah seperti yang kamu miliki sekarang.

Baca juga: Gen dan Kromosom: Bagaimana Pewarisan Sifat Bekerja?

Telah disinggung di atas bahwa organisme eukariotik dan organisme prokariotik memiliki jumlah kromosom yang berbeda. Prokariotik hanya memiliki 1 kromosom seperti pada bakteri.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan organisme eukariotik memiliki jumlah kromosom yang berbeda sesuai jenisnya. Simpanse memiliki 24 pasang kromosom, beruang memiliki 26 pasang kromosom, gajah memiliki 28 pasang kromosom, sementara kuda memiliki 34 pasang kromosom.

Klasifikasi Kromosom

Namun tahukah kamu ada berapa banyak kromosom yang dimiliki tubuh manusia?Dilansir dari National Human Genome Research Institute, manusia memiliki 23 pasang kromosom yang mengatur seluruh sifat yang kita miliki.

Warna kulit, warna mata, bentuk hidung, tinggi badan, warna dan bentuk rambut, bahkan penyakit turunan juga diatur oleh kromosom. Dari 23 pasang kromosom dibedakan menjadi 2, yaitu autosom dan gonosom.

Baca juga: Bocah Berkelamin Ganda Selesai Cek Kromosom, Ini Hasilnya

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI 23 kromosom Manusia

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X