Kompas.com - 31/10/2020, 14:46 WIB
Sebuah bentuk simetri axial merupakan contoh penerapan transformasi geometri pencerminan. Folens PublishersSebuah bentuk simetri axial merupakan contoh penerapan transformasi geometri pencerminan.
Daftar Isi
Buka

KOMPAS.com - Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita pernah mengamati diri kita sendiri pada cermin datar, atau melihat bayangan diri sendiri pada kaca. Jika kita amati, jarak dari diri kita ke cermin adalah sama dengan jarak bayangan ke cermin.

Peristiwa tersebut merupakan contoh dari peristiwa refleksi atau disebut juga dengan pencerminan.

Pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari konsep transformasi pada refleksi.

Dilansir dari Encylopaedia Britannica, transformasi koordinat pada suatu bidang merupakan perubahan dari satu sistem koordinat ke sistem koordinat lainnya.

Baca juga: Hadapi Transformasi Dunia Usaha, Kemnaker Siapkan Kurikulum Pelatihan Digital

Konsep dari refleksi dapat kita asumsikan suatu objek pada bidang koordinat, dengan titik O(0,0) dan garis (sumbu x, sumbu y, y=x, y=-x) adalah sebagai cermin.

Bentuk dari objek dan bayangan pastinya tidak berubah, dan jarak objek ke cermin sama dengan jarak bayangan ke cermin tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga refleksi memiliki sifat tersendiri, yaitu suatu objek yang direfleksikan dengan cermin datar tidak mengalami perubahan bentuk dan ukuran. Sementara itu jarak objek dengan cermin datar adalah sama dengan jarak bayangan dengan cermin.

 

Konsep refleksi dapat kita ilustrasikan sebagai berikut:

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH Konsep refleksi

Baca juga: Wapres: Batik Merupakan Refleksi Keberagaman Budaya Indonesia


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.