Perbedaan Lemak Jenuh dan Lemak Tak Jenuh

Kompas.com - 28/10/2020, 18:15 WIB
Ayam goreng, minuman bersoda, es krim, dan kentang goreng, mengandung lemak jenuh dan Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAHs)?lemak dari proses penggorengan yang menghalangi tubuh menyerap insulin. ThinkstockAyam goreng, minuman bersoda, es krim, dan kentang goreng, mengandung lemak jenuh dan Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAHs)?lemak dari proses penggorengan yang menghalangi tubuh menyerap insulin.

KOMPAS.com - Kamu pasti sering mendengar tentang lemak. banyak makanan yang berlemak seperti daging dan juga coklat.

Namun apakah lemak itu sebenarnya? apakah benar lemak itu harus dihindari karena tak sehat dan juga bisa membuat obsitas? Untuk mengetahui jawabannya mari kita simak penjelasan tentang lemak dibawah ini!

Lemak adalah makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh selain karbohidrat dan protein. Lemak dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak, dan diperoleh dari makanan. Berdasarkan tingkat kejenuhannya lemak dibedakan menjadi lemak jenuh dan lemak tak jenuh.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Lemak baik dan lemak buruk

Lemak Jenuh

Dilansir dari PEDIAA, lemak jenuh adalah asam lemak yang hanya memiliki satu ikatan tunggal pada molekulnya. Lemak jenuh berbentuk padat pada suhu ruang karena rantai kimianya padat dan tak bercelah.

Baca juga: Mengenal Lemak Jenuh, Jenis Lemak yang Dianggap Jahat untuk Tubuh

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Molekul lemak jenuh

Dilansir dari Huntington's Disease Outreach Project for Education at Stanford, jika lemak jenuh dikonsumsi dan masuk kedalam darah akan meningkatkan low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Dalam jumlah besar, peningkatan kolesterol dari lemak jenuh dapat menyumbat arteri dan menyebabkan penyakit jantung.

Lemak jenuh inilah yang harus dihindari karena selain menyebabkan penyakit jantung juga dapat menyebabkan obesitas (kegemukan). Inilah alasan mengapa lemak jenuh disebut dengan lemak tak sehat.

Contoh makanan sumber lemak jenuhKOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Contoh makanan sumber lemak jenuh

Lemak jenuh bersumber dari daging, khusus nya daging berwarna merah seperti daging sapi, kambing, dan domba.

Baca juga: Mengapa Lemak Jenuh Berbahaya bagi Jantung?

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X