Kompas.com - 10/10/2020, 20:39 WIB
Ganggang. TelegraphGanggang.

KOMPAS.com - Berdasarkan sifatnya, protista diklasifikisaikan menjadi tiga yaitu protista yang menyerupai hewan, protista yang menyerupai jamur, dan protista yang menyerupai tumbuhan.

Lalu apakah protista yang menyerupai tumbuhan itu? Dan mengapa protista tersebut dapat menyerupai tumbuhan?

Dilansir dari Encylopedia.com, protista yang menyerupai tumbuhan adalah ganggang atau biasa disebut sebagai alga.

Alga disebut menyerupai tumbuhan karena memperoleh makanan dengan cara membuatnya sendiri atau autotrof. Alga memperoleh makanan dengan cara berfotosistesis seperti tumbuhan.

Walaupun disebut menyerupai tumbuhan, alga tidak memiliki bentuk tumbuhan seperti akar, batang, dan daun.

Alga memiliki klorofil, namun juga memiliki pigmen warna untuk membantu proses fotosintesis. Berdasarkan warna pigmennya, alga dibagi menjadi alga hijau, alga coklat, alga merah, dan alga keemasan.

Baca juga: Ganggang Laut Coklat Atasi Gangguan Lambung

Alga Merah

Alga merah atau Rhodophyta adalah kelompok organisme mikroorganisme yang tinggal di perairan laut dan sepanjang pantai.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Alga merah

Alga merah memiliki pigmen merah dan pigmen biru yang memungkinkannya untuk berfotosintesis didalam laut yang hanya mendapat sedikit sinar Matahari.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X