Kompas.com - 09/10/2020, 10:00 WIB
Ilustrasi tentang Active Voice. KOMPAS.COM/ARUM SUTRISNI PUTRIIlustrasi tentang Active Voice.

KOMPAS.comActive voice adalah kalimat di mana subjek bertindak berdasarkan kata kerjanya. Dalam bahasa Indonesia, active voice dikenal sebagai kalimat aktif.

Simak penjelasan tentang apa itu active voice berikut ini:

Pengertian active voice

Ada dua cara untuk mengekspresikan sebuah kalimat, yaitu dengan active voice dan passive voice. Di sini kita akan membahas active voice.

Dilansir dari BBC, the active voice is used when the focus is on the subject (or agent) of the main verb. This is the person or thing doing the verb.

Active voice digunakan ketika fokus dari sebuah kalimat adalah subjek (atau agen) dari kata kerja utama. Yang melakukan kata kerja (pekerjaan) bisa berupa orang atau benda.

Baca juga: 16 Jenis Tenses Lengkap Beserta Contohnya

Sedangkan menurut Dictionary.com, active voice is when the subject is doing the acting. Active voice merupakan kalimat dimana subjeknya melakukan sesuatu.

Suatu kalimat terdiri dari unsur subjek, predikat, dan objek (subject, verb, and object).

Kesimpulannya, fokus dari active voice adalah subjek yang melakukan suatu pekerjaan atau tindakan pada objek.

Contoh, Johnny drives a car. (Johnny mengendarai sebuah mobil.)

Pola kalimat tersebut adalah Subject + Verb + Object.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X