Kompas.com - 16/10/2020, 13:36 WIB
Ilustrasi menggambar menggunakan aplikasi di komputer shutterstock.com/By Roman SamborskyiIlustrasi menggambar menggunakan aplikasi di komputer
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com – Melansir dari Adobe Photoshop, Painting tool terdiri dari banyak pilihan seperti Brush tool dan Pencil tool. Tool ini bekerja seperti alat menggambar tradisional yang menerapkan warna dengan sapuan kuas.

    Sedangkan tool seperti Eraser tool, Blur tool, dan Smudge tool digunakan untuk memodifikasi warna yang ada pada gambar.

    Di Option Bar untuk masing-masing alat melukis ini, Anda dapat mengatur bagaimana warna diterapkan pada gambar yang sedang dibuat dan memilih kuas sesuai selera.

    Baca juga: Cara Menggunakan Layer pada Adobe Photoshop

    Mengutip dari Photoshopessentials, Paint tool memiliki banyak opsi sebagai berikut:

    • Mode 

    Menetapkan metode paling tepat untuk memadukan warna yang Anda lukis dengan piksel yang ada di bawahnya. Mode yang tersedia berubah tergantung dengan tools yang saat ini dipilih. Paint mode ini mirip dengan mode pencampuran lapisan (layer blending mode).

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    • Opacity 

    Menyetel transparansi warna yang Anda terapkan. Saat Anda melukis di atas suatu area, opasitas tidak melebihi level yang ditetapkan tidak peduli berapa kali Anda menggerakkan penunjuk ke area tersebut, sampai Anda melepaskan tombol mouse.

    Jika Anda menyentuh gambar lagi, Anda bisa menerapkan warna tambahan, setara dengan set opacity. Opasitas 100 persen artinya buram.

    • Flow

    Atur tingkat di mana warna diterapkan saat Anda menggerakkan penunjuk ke suatu area. Saat Anda melukis di atas suatu area, sambil menahan tombol mouse, Anda bisa menentukan jumlah warna yang terbentuk, hingga pengaturan opasitas yang ingin Anda gunakan.

    Baca juga: Cara Menggunakan Seleksi pada Adobe Photoshop

     

    Misalnya, jika Anda menyetel opacity menjadi 33% dan flow menjadi 33%, setiap kali Anda berpindah ke suatu area, warnanya bergerak 33% ke arah warna kuas.

    Totalnya tidak akan melebihi 33% opacity kecuali Anda melepaskan tombol mouse dan menyentuh area itu lagi.

    Halaman:

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.