Kompas.com - 12/10/2020, 14:35 WIB
Ilustrasi Adobe Photoshop domestika.orgIlustrasi Adobe Photoshop

KOMPAS.com – Layer memiliki arti lapisan. Dalam konteks Adobe Photoshop, layer adalah lapisan-lapisan lembar kerja bertumpuk yang digunakan untuk meletakkan berbagai obyek.

Dalam buku Digital Imaging: Adobe Photoshop (2018) karya Johntefon, layer dapat memudahkan pengaturan susunan atau komposisi obyek sesuai keinginan pengguna.

Kemudahan dalam layer dapat digunakan karena salah satu sifat layer tersebut. Meski obyek sudah disusun bertumpuk, pengaturan salah satu layer tidak akan mengganggu layer yang lain.

Saat menggunakan layer, pengguna Adobe Photoshop dapat mengatur urutan, menggabungkan, menambahkan, hingga mengatur tampilan warna layer.

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penggunaan Komputer

Cara menggunakan layer

Mengutip dari situs resmi Adobe, layer disusun secara bertumpuk pada panel Layer, yang biasanya terletak di kanan bawah area kerja. Berikut cara menggunakan layer pada Adobe Photoshop:

  • Jika panel Layers tidak terlihat, pilih Window> Layers. Pada panel Layers, klik ikon mata di sebelah kiri layer untuk menyembunyikan isinya.
  • Klik lagi di tempat yang sama untuk menampilkan isinya. Hal ini adalah cara yang berguna untuk mengingatkan kita tentang apa saja yang ada di lapisan tertentu.
  • Pada panel Layers, klik sekali di sebelah kanan nama lapisan untuk memilih lapisan itu. Untuk menambahkan lebih banyak lapisan ke desain, tahan Control saat mengklik lapisan lain.
  • Drag atau seret layer ke atas atau ke bawah di panel Layers untuk mengubah urutan objek sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Klik ikon Create a New Layer di bagian bawah panel layer untuk membuat layer baru. Layer ini akan terlihat tetap transparan sampai sesuatu ditambahkan ke dalamnya.

Baca juga: Sejarah Adobe Photoshop

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.