Kompas.com - 06/10/2020, 18:18 WIB
Masa Kolonial di Indonesia kemdikbud.go.idMasa Kolonial di Indonesia

KOMPAS.com - Munculnya motivasi, nafsu dan kejayaan Eropa terjadi karena beberapa hal, salah satunya jatuhnya Konstantipoel ke tangan bangsa Turki Ottoman pada tahun 1453.

Hal ini menjadi pertanyaan, apa motivasi, nafsu, serta keinginan dari Eropa? Berikut pembahasannya:

Dalam buku Ahmad Fakhri Hutauruk dalam Sejarah Indonesia: Masuknya Islam hingga Kolonialisme (2015) karya Ahmad Fakhri Hutauruk, motivasi dari bangsa barat untuk datang ke Hindia Timur atau Indonesia adalah karena adanya keinginan untuk survive, memenuhi kepuasan dan kejayaannya di dunia.

Baca juga: Alasan Kedatangan Eropa ke Indonesia

Dunia baru bagi Eropa

Motivasi, nafsu, dan kejayaan Eropa ditujukan pada dunia baru yang akan mereka masuki. Yang menjadi pertanyaan adalah apa dunia baru itu?

Dunia baru yang ingin mereka inginkan adalah daerah baru yang berada di luar wilayah Eropa yang dikenal sebagai penghasil rempah-rempah dan dianggap sebagai bahan-bahan yang sangat digemari oleh bangsa Eropa.

Alasan mengapa rempah-rempah sangat digemari oleh bangsa Eropa adalah karena bahan-bahan ini menjadi komoditas yang paling penting bagi beberapa bangsa, terlebih Bangsa Eropa.

Baca juga: Latar Belakang Penjelajahan Samudra Bangsa Eropa sampai ke Indonesia

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X