Kompas.com - 12/10/2020, 15:22 WIB
Ilustrasi selection di Adobe Photoshop www.theverge.comIlustrasi selection di Adobe Photoshop
Daftar Isi
Buka

KOMPAS.com – Seleksi adalah area gambar yang ditentukan untuk dimanipulasi serta memungkinkan untuk mengisolasi satu atau beberapa bagian gambar tertentu.

Dengan memilih area tertentu, obyek dapat diedit dengan menerapkan efek serta filter ke bagian gambar. Di sisi lain, area gambar yang tidak dipilih atau tidak ditentukan tidak akan terkena efek atau filter sama sekali.

Dilansir dari situs resmi Adobe, editor foto juga membuat pilihan dengan berbagai alat seleksi (selection), perintah (commands) , dan ruang kerja Select and Mask di Photoshop.

Baca juga: Cara Menggunakan Layer pada Adobe Photoshop

Jika sudah menentukan pilihan, sebuah garis perbatasan muncul di sekitar area yang dipilih. Dengan memilih (select) maka tools bisa memindahkan, menyalin, atau menghapus piksel di dalam batas pemilihan.

Dengan memilih atau menentukan area obyek, maka afrea di luar batas pilihan tidak bisa disentuh atau di edit sampai tools select di batalkan.

Cara menggunakan

Mengutip dari Photoshopessentials, editor perlu menentukan area yang dapat diedit untuk menyempurnakan gambar yang dibuat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Editor dapat dengan mudah menggunakan salah satu dari berbagai alat seleksi di Photoshop untuk membuat pilihan dengan cepat.

Baca juga: Apa itu Hardware?

Beberapa menu seleksi pada Adobe Photoshop seperti:

  • Object Selection tool
  • Select Subject
  • Quick Selection tool
  • Magic Wand tool

Object Selection tool sangat berguna saat memilih salah satu obyek atau bagian dari obyek dalam gambar yang berisi banyak obyek. Sedangkan perintah Select Subject dirancang untuk memilih semua subyek utama pada gambar.

Untuk memilih semua piksel pada sebuah lapisan di dalam batas kanvas, berikut yang perlu dilakukan:

  • Pilih layer di panel Layers.
  • Pilih Select > All.

Sedangkan untuk membatalkan layer yang sudah dipilih, lakukan salah satu cara di bawah ini:

  • Pilih Select> Deselect.
  • Tekan Control + D (Windows) atau Command + D (Mac).

Jika menggunakan Rectangle Marquee tool, Elliptical Marquee tool, atau Lasso tool, cukup klik area apa saja pada gambar di luar area yang dipilih.

Baca juga: Mengolah Teks Pada Program CorelDRAW

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.