Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 Jenis Tenses Lengkap Beserta Contohnya

Kompas.com - 12/08/2020, 17:50 WIB
Nibras Nada Nailufar

Penulis

KOMPAS.com - Tenses adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris untuk menunjukkan waktu.

Tenses membuat sebuah pernyataan jelas waktu terjadinya. Apakah sekarang, masa lalu, masa depan, atau masih berlangsung.

Secara umum, ada tiga jenis tenses yang perlu dikuasai penutur bahasa Inggris. Tiga tenses itu yakni present tense, future tense, dan past tense.

Dari tiga itu, bisa diturunkan lagi menjadi 16 tenses. Simak perbedaan tiap tenses dalam contoh berikut ini seperti dilansir dari EnglishStudyHere:

Tense Fungsi Rumus Contoh kalimat Arti kalimat
Simple Present Menyatakan kebiasaan, kebenaran, atau kondisi sekarang. Subject + Verb (vI) + es/es I play basketball every week. Aku bermain basket setiap pekan.
Present Continuous Menyatakan peristiwa atau kegiatan yang sedang berlangsung saat dibicarakan. Bisa sekarang, hari ini, atau sekitar sekarang. Subject + is/am/are + Verb(+ing) I’m playing basketball. Aku sedang bermain basket.
Present Perfect Menyatakan peristiwa atau kegiatan yang berlangsung di masa lalu dan masih ada pengaruhnya atau hubungannya dengan sekarang. Subject + Has/have + Verb (v3) I have played basketball. Aku sudah bermain basket.
Present Perfect Continuous Menyatakan peristiwa atau kegiatan yang berlangsung di masa lalu dan masih berlangsung, sudah selesai, atau diulang-ulang. Subject + Has/have + been + Verb(+ing) I have been playing basketball for 3 hours. Aku sudah bermain basket selama tiga jam.
Simple Past Menyatakan peristiwa atau kegiatan yang berlangsung di masa lalu. Subject + Verb (v2) or irregular verb I played basketball yesterday. Aku bermain basket kemarin.
Past Continuous Menyatakan peristiwa atau kegiatan yang berlangsung di masa lalu ketika ada peristiwa lain terjadi. Subject + was/were + Verb(+ing) I was playing basketball when May Came. Aku sedang bermain basket ketika Mary datang.
Past Perfect Menyatakan peristiwa atau kegiatan yang berlangsung sebelum peristiwa lampau terjadi. Subject + had + Verb (v3) I had played basketball before Mary came. Aku sudah bermain basket ketika Mary datang.
Past Perfect Continuous Menyatakan peristiwa atau kegiatan yang telah berlangsung sebelum peristiwa lain terjadi di masa lalu. Subject + had + been + Verb(+ing) I had been playing basketball when Mary came. Aku sudah bermain basket ketika Mary datang.
Simple future Menyatakan peristiwa atau kegiatan yang akan terjadi di masa depan. Subject+ will/shall+ verb(v1) I will play basketball next week. Aku akan bermain basket pekan depan.
Future Continuous Menyatakan peristiwa atau kegiatan yang akan terjadi di waktu tertentu di masa depan. Subject + will be/shall be + verb(+ing) I will be playing basketball this afternoon. Aku akan bermain basket sore ini.
Future Perfect Menyatakan peristiwa atau kegiatan yang akan diselesaikan di waktu tertentu di masa depan. Subject + will have + verb(v3) I will have played basketball by tomorrow. Aku pasti akan bermain basket besok.
Future Perfect Continuous Menyatakan peristiwa atau kegiatan yang dimulai pada waktu tertentu dan masih berlangsung ketika peristiwa lain terjadi di waktu tertentu di masa depan. Subject + will have been + verb(+ing) I will have been playing basketball for 20 minutes. Aku akan bermain basket selama 20 menit.
Past Future Menyatakan peristiwa atau kegiatan yang akan terjadi di masa depan dari persepektif masa lalu. Subject + would + verb (v1) I would play basketball. Aku akan bermain basket.
Past Future Continuous Menyatakan peristiwa atau kegiatan yang akan/seharusnya terjadi di masa depan dari persepektif masa lalu. Subject + should be/would be + Verb(+ing) I should be playing basketball. Aku seharusnya bermain basket.
Past Future Perfect Menyatakan peristiwa atau kegiatan yang akan/seharusnya sudah terjadi pada waktu tertentu di masa depan. Subject + should have/ would have + Verb(v3) I should have played basketball. Aku seharusnya bermain basket.
Past Future Perfect Continuous Menyatakan peristiwa atau kegiatan yang akan/seharusnya terus berlangsung hingga waktu tertentu di masa depan. Subject + would have been + Verb(+ing) I should have been playing basketball for two hours by that time. Aku seharusnya sudah bermain basket selama dua jam saat itu.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com