Kompas.com - 16/09/2020, 08:20 WIB
Tangkapan layar Youtube/pahamifyTangkapan layar

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI pada Rabu, 16 September 2020 membahas Kerajaan Hindu dan Buddha untuk siswa SMA dan sederajat.

Dalam tayangan tersebut, terdapat dua pertanyaan. Berikut soal pertama dan jawabannya:

Soal: Buatlah mind mapping sistem pemerintahan Kerajaan Majapahit! Sampaikan tugas tersebut kepada guru sejarahmu.

Jawaban:

Mind mapping pemerintahan Kerajaan Majapahit, yaitu:

  • Raden Wijaya (1293 - 1309 Masehi)

Raja Raden Wijaya selalu menghargai semua orang yang berjasa terhadapnya. Raja Raden Wijaya merupakan raja pertama, sekaligus yang mendirikan Kerajaan Majapahit. Pada saat pemerintahan Raja Jayakatwang, Raden Wijaya menarik simpatinya agR mendapat kepercayaan. 

Setelah mendapat kepercayaan, Raden Wijaya meminta sebuah wilayah di daerah Tarik. Di Tarik, masih banyak sekali pohon Maja yang tumbuh. Karena memiliki rasa yang pahit, akhirnya Raden Wijaya memberi nama daerah tersebut menjadi Majapahit. 

  • Jayanegara (1309-1328 Masehi)

Pada kekuasaan Raja Jayanegara, raja dikenal sebagai pemimpin yang tidak cakap atau dijuluki kala gemet (lemah dan jahat). Bahkan sering terjadi pemberontakan antarawilayah yang menjadi anggota Kerajaan Majapahit.

  • Gayatri atau Bhre Kahuripan (1328-1350 Masehi)

Gayatri mendapat gelar Tribhuwana Tunggadewi. Masa pemerintahannya juga tidak berjalan mulus. Pada 1331 M terjadi pemberontakan di Sadeng dan Keta, Jawa Timur.

Pada pemerintahannya, Ratu Gayatri mengangkat Gajah Mada sebagai Mahapatih Hamengkubumi Majapahit pada 1336 M karena berhasil mennyelamatkan Gayatri dari pemberontakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X