Kompas.com - 15/09/2020, 18:20 WIB
Ilustrasi. KOMPAS.COM/ARUM SUTRISNI PUTRIIlustrasi.

KOMPAS.com - Pengertian surat lamaran pekerjaan adalah jenis surat pribadi bersifat resmi yang diajukan seseorang ke perusahaan (instansi) agar diterima bekerja sebagai karyawan pada posisi jabatan tertentu.

Berikut ini penjelasan singkat tentang pengertian Surat Lamaran Pekerjaan (Materi Bahasa Indonesia kelas 12 Bab 1):

Pengertian surat lamaran kerja

Surat lamaran pekerjaan menjadi salah satu syarat bagi para pencari kerja atau pelamar kerja yang ingin bekerja di perusahaan atau instansi yang menawarkan lowongan pekerjaan.

Surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang berhubungan dengan ajuan untuk mengisi suatu pekerjaan sesuai dengan posisi atau lowongan yang ditawarkan.

Baca juga: Perbedaan Surat Pribadi dan Surat Dinas

Mengutip Kemdikbud RI, surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang memerlukan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan.

Dalam Pedoman Lengkap Menulis Surat (2006) karya Adlan Ali dan Tanzili, surat lamaran kerja adalah surat permohonan yang dibuat oleh pencari kerja (pelamar pekerjaan) untuk dikirimkan kepada badan usaha atau instansi agar mendapat pekerjaan atau jabatan sesuai lowongan pekerjaan yang tersedia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir The Balance Careers, surat lamaran kerja berisi resume seseorang atau informasi tentang keterampilan dan pengalaman seseorang.

Dalam surat lamaran pekerjaan berisi penjelasan tentang kemampuan seseorang agar terpilih sebagai kandidat yang tepat untuk mengisi suatu posisi pekerjaan.

Surat lamaran pekerjaan berisi kualifikasi pelamar, yaitu data pribadi pelamar yang dilengkapi lampiran-lampiran sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan atau instansi yang bersangkutan.

Baca juga: Pengertian dan Cara Menulis Surat Pribadi

Surat lamaran pekerjaan bersifat formal

Mengapa surat lamaran pekerjaan bersifat formal atau resmi? 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X