Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan Letak Geostrategis Indonesia

Kompas.com - 02/07/2020, 12:30 WIB
Ari Welianto

Penulis

KOMPAS.com - Secara geografis letak negara Indonesia berada di antara dua benua (Asia dan Australia) dan dua samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasific).

Posisi itu memberikan keuntungan dan keunggulan bagi bangsa Indonesia.

Dengan letak yang strategis menyebabkan kebudayaan dan kehidupan bangsa Indonesia dipengaruhi kebudayaan asing.

Kondisi itu memperkaya kebudayaan bangsa Indonesia. Selain itu adanya keuntungan ekonomi dari posisi silang negara Indonesia.

Baca juga: Keunggulan Iklim di Indonesia

Letak Geostrategis Indonesia

Dalam buku Diplomasi Indonesia dan Pembangunan Konektivitas Maritim (2018), Indonesia berada di daerah ekuator, antara benua Asia dan Australia, antara Samudera Hindia dan Pasific.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia tengah berupaya untuk memanfaatkan posisi geostrategisnya sebagai poros maritim dunia.

Letak geografis negara adalah satu unsur yang penting dari kekuatan negara di dunia internasional.

Namun, lokasi geografis negara tidak dapat berdiri sendiri sebagai unsur kekuatan negara tanpa ditunjang unsur kekuatan negara lainnya.

Kebijakan Indonesia tentang poros maritim dunia diikuti dengan pembangunan dan perbaikan pelabuhan-pelabuhan utama yang diupayakan berstandar internasional dan kebijakan tol laut.

Jaringan transportasi diperlukan untuk menghubungkan pusat-pusat perekonomian, baik berfungsi sebagai pusat produksi maupun distribusi.

Baca juga: Pengertian Posisi Silang Indonesia dan Pemikiran Soekarno

Potensi komoditas berupa sumber daya alam memerlukan sarana dan prasarana transportasi agar bisa diolah dan didistribusikan lebih lanjut ke berbagai negara.

Indonesia memiliki posisi sangat strategis di antara dua samudera yang merupakan rute pelayaran kapal-kapal internasional.

Keunggulan letak geostrategis Indonesia

Posisi silang Indonesia memberikan keunggulan dan keuntungan bagi Indonesia.

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), keunggulan letak geostrategis Indonesia berkaitan dengan letak Indonesia yang berada di antara dua benua dan dua samudera.

Lokasi Indonesia ibarat berada di persimpangan lalu lintas perjalanan internasional.

Di mana perdagangan bangsa-bangsa Asia dan Australia hingga bangsa lain diseluruh dunia akan selalu melewati wilayah Indonesia.

Baca juga: Mewujudkan Cita-cita Poros Maritim Dunia

Berikut keunggulan letak geostrategis Indonesia:

  • Sebagai jalur lalu lintas perdagangan sehingga mempermudah proses ekspor dan impor.
  • Indonesia kaya akan sumber daya laut.
  • Daerah yang sangat strategis untuk perdagangan internasional. Karena terletak diantara negara berkembang, sehingga mudah untuk memasarkan hasil produksi.
  • Berkembangnya sistem transportasi Indonesia karena mendapat pengaruh transportasi modern dari negara maju.
  • Karena Indonesia terletak pada jalur perdagangan internasional, maka bahasa Indonesia diperkaya oleh berbagai bahasa asing dari pedagang.
  • Indonesia muda berkomunikasi dan menjalin relasi dengen nagara lain, sehingga terjalin hubungan internasional yang baik dengan negara lain.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com