Melaporkan Percobaan

Kompas.com - 22/05/2020, 11:59 WIB
Ilustrasi melaporkan percobaan shutterstockIlustrasi melaporkan percobaan

KOMPAS.com - Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat selalu disuguhi informasi dari berbagai sumber.

Informasi sudah menjadi bagian kebutuhan setiap orang. Sehingga kemampuan membuat teks laporan dan memahami teks laporan penting.

Dilansir dalam buku Mahir Menulis Berbagai Laporan (2004) karya Widyamartaya, laporan adalah teks yang menyajikan informasi tentang sesuatu sebagaimana adanya.

Informasi yang diberikan merupakan hasil observasi dan analisis yang sistematis. Contohnya laporan informatif yang berisi tentang makhluk hidup.

Laporan, eksplanasi, dan deskripsi terlihat seperti sama. Namun, ketiga teks tersebut memiliki perbedaan. Berikut penjelasannya:

  • Laporan

Laporan adalah suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun secara tertulis.

Baca juga: Lirik Lagu Bungong Jeumpa dan Terjemahannya dalam Bahasa Indonesia

Laporan juga sebagai salah satu cara pelaksanaan komunikasi dari pihak yang satu kepada pihak yang lainnya.

  • Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi mengenai proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya dapat terjadi.

Suatu peristiwa baik alam maupun sosial yang terjadi disekitar masyarakat, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan proses.

  • Deskripsi

Deskripsi adalah suatu kaidah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar mudah dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya.

Dalam kegiatan menulis, bisa juga menggabungkan berbagai jenis teks. Hal ini karena informasi yang diberikan cukup banyak.

Baca juga: Kenapa Bahasa Inggris jadi Bahasa Internasional?

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X