Kompas.com - 20/05/2020, 21:08 WIB
Gambar asteroid Vesta yang diambil pesawat luar angkasa NASA, Dawn. Asteroid terbesar kedua di sabuk utama tata surya ini. Gambar asteroid Vesta yang diambil pesawat luar angkasa NASA, Dawn. Asteroid terbesar kedua di sabuk utama tata surya ini.

KOMPAS.com - Asteroid kadang disebut planet minor atau planet kerdil. Ini karena asteroid mirip dengan planet, namun lebih kecil.

Jika kamu melihat gambar benda langit berupa gumpalan batu menyerupai planet, itu adalah asteroid.

Asteroid berupa kumpulan batu kecil yang mengapung di udara.

Dilansir dari situs NASA, asteroid adalah batuan sisa dari pembentukan tata surya 4,6 miliar tahun yang lalu.

Model sabuk asteroid di antara Mars dan Jupiter dengan adanya komet aktif.Ignacio Ferrin / University of Antioquia Model sabuk asteroid di antara Mars dan Jupiter dengan adanya komet aktif.
Material pembentuk asteroid terdiri dari tanah liat dan batu silikat. Ada juga yang kombinasi antara logam terang dan padat seperti besi atau nikel

Sejauh ini, baru 958.393 asteroid yang diketahui oleh manusia.

Sebagian besar batuan kuno ini mengorbit matahari di antara Mars dan Jupiter. Rumah bagi asteroid disebut Sabuk Asteroid.

 Baca juga: Sistem Tata Surya

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X