Jawaban Soal TVRI untuk SMP tentang Polusi Air

Kompas.com - 11/05/2020, 09:57 WIB
Program Belajar dari Rumah kembali tayang di TVRI pada Senin, 11 Mei 2020. Untuk siswa SMP ditampilkan materi mengenai polusi air. Televisi EdukasiProgram Belajar dari Rumah kembali tayang di TVRI pada Senin, 11 Mei 2020. Untuk siswa SMP ditampilkan materi mengenai polusi air.

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah kembali tayang di TVRI pada Senin, 11 Mei 2020.

Untuk siswa SMP ditampilkan materi mengenai polusi air. Di akhir tiap segmen diajukan pertanyaan. Berikut rangkuman soal dan jawabannya!

Soal: Polusi air terjadi karena campur tangan manusia. Jelaskan tiga contoh aktivitas manusia yang menyebabkan terjadinya polusi air!

Jawaban: Polusi air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air akibat aktivitas manusia. Beberapa contoh aktivitas yang dimaksud yakni:

  • Membuang sampah ke sungai

Banyak sungai di Indonesia dipadati sampah seperti Sungai Ciliwung dan Sungai Citarum. Sampah yang mengambang di sungai berasal dari rumah tangga yang membuang sampah ke sungai.

Di sungai yang tercemar, berbagai macam sampah ditemukan. Tak hanya sampah organik dan anorganik, tapi juga sampah berukuran besar seperti kasur, dan sampah elektronik seperti televisi.

  • Mengalirkan limbah industri ke sungai

Di Sungai Citarum juga banyak industri tekstil yang membuang limbahnya ke sungai. Akibatnya, air Sungai Citarum jadi berbau dan berwarna. Limbah tersebut mengandung bahan berbahaya seperti merkuri dan logam berat.

  • Membuang limbah peternakan dan pertanian ke sungai

Kotoran ternak maupun sisa makanan ternak bisa mencemari sungai apabila langsung dibuang tanpa diolah.

Sementara limbah pertanian terutama yang mengandung pestisida maupun pupuk kimia, ketika dibuang bisa menyebabkan ganggang tumbuh tak terkendali dan merusak ekosistem sungai hingga laut.

Baca juga: Contoh Aktivitas Manusia yang Menyebabkan Terjadinya Polusi Air

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X