Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turning Point Kedua Film Pendek Jalan Pulang, Jawaban Soal TVRI 11 Mei SMA

Kompas.com - Diperbarui 10/01/2022, 16:34 WIB
Ari Welianto

Penulis

KOMPAS.com - Dalam Kamus Istilah Film Populer (2009) oleh Nisrina Lubis, turning point adalah reaksi yang menghalangi tujuan tokoh protagonis mencapai tujuan semula sehingga membuat perubahan arah. 

Turning point kedua merupakan ketika tokoh atau karakter melakukan aksi untuk menyelesaikan masalah tapi hanya sementara akibat dari permasalahan, muncul konflik, muncul krisis, adanya sub alur cerita dan lain sebagainya.

Pada turning point kedua akan lebih menarik  jika ada permainan emosi penonton. Seperti menarik ulur keberhasilan tokoh menyelesaikan masalahnya akibar dari kompleksnya permasalahan.

Salah satu contoh turning point kedua bisa dilihat pada film pendek Jalan Pulang karya Bacassie Films. Dalam film tersebut Aldy marah kepada kepada bapaknya karena mobilnya mogok di tengah jalan.

Selanjutnya Aldy meninggalkan bapaknya untuk memperbaiki mobilnya sendiri saat hujan. Turning point kedua yakni bapaknya jatuh sakit kemudian Aldy minta maaf kepada bapaknya.

Baca juga: Premis Dalam Film Pendek Berjudul Jalan Pulang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com