Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sahabat Pelangi 6 Mei, Materi Belajar dari Rumah TVRI Kelas 1-3 SD

Kompas.com - Diperbarui 06/01/2022, 12:34 WIB
Arum Sutrisni Putri

Penulis

KOMPAS.com - Meskipun pandemi Covid-19 masih berlangsung, peserta didik tetap bisa belajar dari rumah. Salah satunya lewat Program Belajar dari Rumah TVRI. 

Pada 6 Mei 2020, Program Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 1-3 mengangkat tema tematik Sahabat Pelangi: Bermalam di Rumah Nisa (Menolong Martha). 

Berikut ringkasan materinya: 

Martha sedih tidak bisa jenguk oma

Mama Martha mendapat kabar bahwa ma masuk rumah sakit. Martha yang saat itu juga mendengar kabarnya juga ingin pulang ke Ambon untuk menjenguk ma. Namun, Mama Martha tidak mengizinkan Martha. 

Pasalnya, Martha ada ulangan minggu depan di sekolah. Selain itu harga tiket pesawat ke Amobin cukup mahal dan Mama Martha harus membawa banyak uang untuk pengobatan ma. Martha kemudian nampak sedih. 

Baca juga: Apa yang Kalian Lakukan untuk Ikut Mengisi Kemerdekaan? Jawaban Soal TVRI 18 Agustus SD Kelas 1-3

Dengan muka lesu dan hati yang sedih, Martha bermain ke rumah Nisa. Karena mengerti alasan Martha sedih, Nisa kemudian mengajak Martha bertemu dengan Kakak Dewi. 

Setelah bertemu, Martha menanyakan tiket pesawat untuk ke Ambon. Kakak Dewi pun mengecek lewat HP dan ternyata harganya sekitar Rp 1,3 juga. 

Transportasi ke Ambon

Nisa, Wayan dan Chandra menyerahkan uang jajan yang berhasil dikumpulkan kepada Martha untuk menambah uang untuk membeli tiket pesawat ke Ambon sebesar Rp 1.800.

Martha menghargai sikap teman-temannya dengan memuji kebaikan mereka. Lalu bertanya kepada Kak Dewi apakah uang yang dikumpulkan cukup? Kak Dewi berkata uang itu tidak cukup untuk membeli tiket pesawat ke Ambon.

Nisa bertanya kepada Kak Dewi apa tidak bisa ke Ambon naik bis agar lebih murah, Wayan juga bertanya kepada Kak Dewi apa tidak bisa ke Ambon naik kereta saja.

Kak Dewi berkata Ambon jauh, yang tercepat naik pesawat dan ongkosnya pasti mahal. Kalau mau lebih murah lewat jalur laut tetapi pasti lebih lama.

Kak Dewi menyuruh mereka menyimpan kembali uangnya. Kak Dewi berkata Martha memang tidak bisa ikut pulang ke Ambon apalagi minggu depan ada ulangan. Kak Dewi menyarankan mereka menyusun rencana kapan belajar bersama. Nisa, Wayan, Chandra dan Martha setuju.

Baca juga: Soal dan Jawaban Belajar dari Rumah TVRI 1 Oktober 2020 SD Kelas 1-3

Mama Martha menelepon Kakak Dewi minta tolong agar Martha tinggal di rumah Kakak Dewi beberapa saat. Kakak Dewi mempersilakan dengan senang hati.

Martha bisa menjadi teman belajar Nisa. Kakak Dewi berpesan agar Mama Martha hati-hati selama perjalanan dan titip salam untuk Oma semoga lekas sembuh.

Mama Martha memberitahu Martha bisa tinggal di rumah Kakak Dewi terlebih dahulu. Mama Martha bertanya apakah Martha marah. Martha menjawab tidak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com