Biografi Frans Kaisiepo, Pemersatu Irian dengan Indonesia

Kompas.com - 18/04/2020, 17:30 WIB
Frans Kaisiepo KemendikbudFrans Kaisiepo
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Frans Kaisiepo adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari Papua.

Frans Kaisiepo sangat berperan aktif dalam mempertahankan bangsa Indonesia khususnya di tanah Papua.

Ia terlibat langsung dalam konferensi Malino pada 1946 di Sulawesi Selatan sebagai perwakilan dari Papua. Pada konferensi tersebut, ia mengusulkan nama Irian untuk mengganti nama Papua.

Tahukah kamu siapa Frans Kaisiepo?

Dilansir disitus Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, Frans Kaisiepo lahir di Wardo, Biak, 10 Oktober 1921.

Frans Kaisiepo dikenal juga sebagai Gubernur Irian Barat pada 1964 hingga 1973. Sejak muda, Kaisiepo sudah dikenal sebagai aktivis gerakan kemerdekaan Republik Indonesia di wilayah Papua.

Baca juga: Biografi Hasan Sadikin, Sosok di Balik Rumah Sakit Dr Hasan Sadikin

Kaisiepo menjadi tokoh penting dalam pergerakan anti Belanda waktu itu.

Bersama rekan-rekannya, ia berjuang untuk menyatukan wilayah Papua ke pangkuan Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Dikutip dari Antaranews, pada masa perjuangan tiga hari menjelang Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia, Frans Kaisiepo dan beberapa rekannya mendengarkan lagu Indonesia Raya di Kampung Harapan Jayapura pada 14 Agustus 1945.

Beberapa hari sesudah proklamasi tepatnya, 31 Agustus 1945, Kaisiepo dan rekan-rekan perjuangan melaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X