Kompas.com - 08/03/2020, 18:30 WIB
Siti Walidah Kemendikbud RISiti Walidah
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Siti Walidah atau lebih dikenal Nyai Ahmad Dahlan merupakan salah satu pahlawan perempuan yang dimiliki Indonesia.

Siti Walidah merupakan tokoh emansipasi perempuan dengan memberikan pendidikan bagi perempuan. Ia juga mendirikan sekolah-sekolah untuk masyarakat.

Siti Walidah diangkat sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 042/TK/1971, 22 September 1971.

Siti Walidah telah berperan aktif dalam pembebasan kaum perempuan dari kebodohan ke dunia ilmu pengetahuan.

Siti Walidah merasakan keterbelakangan kaum perempuan dalam dunia pendidikan. Sehingga harus disikapi dengan mencarikan solusi agar masa depan kaum perempuan maju di masa yang akan datang.

Baca juga: 4 Perempuan Pahlawan Nasional

Sejarah

Dalam buku Meneladani Kepahlawanan Kaum Wanita (2007) karya Edi Warsidi, Siti Walidah lahir di Desa Pesantren Kauman, Yogyakarat pada 3 Januari 1872. Ia merupakan anak Kiai Penghulu Haji Muhammad Fadhil bin Kiai Penghulu Haji Ibrahim ulama besar disegani masyarakat.

Ayahnya juga memangku jabatan Penghulu Keraton Yogyakarta Hadiningrat.

Sejak kecil, Siti Walidah sudah mengenal dan belajar ilmu agama. Sampai usia remaja, ia belum pernah menikmati pendidikan umum.

Karena pada waktu itu berkembang pemikiran bahwa sekolah formal untuk laki-laki bukan untuk perempuan.

Pada 1903, Siti Walidah menikah dengan Ahmad Dahlan. Awalnya suami Siti Walidah bernama Muhammad Darwis, kemudian setelah menuaikan haji dan belajar agama dikenal dengan nama Ahmad Dahlan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X