Sifat Negara

Kompas.com - 28/02/2020, 10:00 WIB
Barisan tentara China saat parade militer di Zhurihe di China utara, Juli 2017 lalu. Presiden Xi yang kembali mengumpulkan tentaranya, Rabu (3/1/2018) mengingatkan pasukannya untuk selalu siap tempur. AFPBarisan tentara China saat parade militer di Zhurihe di China utara, Juli 2017 lalu. Presiden Xi yang kembali mengumpulkan tentaranya, Rabu (3/1/2018) mengingatkan pasukannya untuk selalu siap tempur.

KOMPAS.com - Negara mempunyai sifat khusus yang menjadi ciri khususnya.

Sifat yang dimiliki negara tidak terdapat pada organisasi lain.

Dirangkum dari Dasar-dasar Ilmu Politik (2007), ada tiga sifat negara yakni:

Berikut penjelasan masing-masing sifat:

Baca juga: Ciri-ciri Fundamental Negara Demokrasi

Sifat memaksa

Negara bisa memaksa warganya. Pemaksaan dapat dilakukan secara fisik lewat polisi, tentara, dan aparatur keamanan lainnya.

Pemaksaan ini betujuan agar peraturan yang dibuat negara ditaati dan tercipta ketertiban. Aturan yan dibuat negara lebih mengikat.

Di dalam masyarakat yang homogen, ada konsensus nasional yang kuat mengenai tujuan bersama.

Biasanya, paksaan ini tidak begitu menonjol. Namun di negara-negara baru yang heterogen dan konsensus nasionalnya kurang kuat, sifat paksaan ini lebih terlihat.

Baca juga: UUD 1945 sebagai Konstitusi Negara

Ini dikarenakan negara dengan karakteristik demikian, rakyatnya punya tujuan dan pandangan yang berbeda yang kadang tak sesuai dengan peraturan.

Di negara demokrasi, muncul kesadaran bahwa paksaan digunakan seminimal mungkin. Sebisa mungkin, negara menggunakan cara-cara persuasif untuk mengatur warganya.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X