Kompas.com - 23/02/2020, 19:45 WIB

 

KOMPAS.com - Dalam setahun terdapat 12 bulan dengan nama-nama seperti Januari hingga Desember.

Tetapi tahukah kamu apa arti nama-nama pada setiap bulan dalam setahun kalender masehi?

Arti nama-nama bulan

Dikutip dari Wonderopolis, sebenarnya bulan Januari bukanlah bulan pertama pada setiap tahun.

Bangsa Romawi Kuno menggunakan sistem kalender yang berbeda. Tahun dimulai pada bulan Maret dan berakhir pada bulan Februari.

Meski sistem modern saat ini mungkin sangat berbeda dari zaman Romawi Kuno, tetapi bangsa tersebut memberi sesuatu hal yang sangat penting: nama-nama bulan.

Bagaimana bangsa Romawi Kuno memilih nama-nama 12 bulan dalam setahun?

Baca juga: Perbedaan Sebelum Masehi dan Masehi

Maret (March) terkait kepercayaan Bangsa Romawi Kuno yang bersikeras bahwa semua perang berhenti selama masa perayaan antara tahun-tahun lama dan baru.

Karena Maret adalah bulan pertama tahun baru di era Roma Kuno, sejumlah sejarawan percaya bahwa bangsa Romawi mengambil nama March dari nama Mars, dewa perang Romawi.

Untuk April (April), ada tiga teori tentang asal usul namanya. Ada yang mengatakan nama April dari kata Latin yang berarti kedua. Karena April adalah bulan kedua dalam kalender kuno.

Teori lain menyebut April berasal dari kata Latin aperire yang berarti membuka. Karena melambangkan mekarnya kuncup dan bunga di musim semi. Ada yang menganggap nama April dari nama dewi yaitu Aphrodite.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.