Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Struktur dan Fungsi Tulang Belakang Manusia

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

KOMPAS.com - Peran tulang belakang dalam menopang tubuh manusia sangat penting. Tulang belakang merupakan struktur pendukung utama dalam tubuh manusia.

Secara morfologi, tulang belakang terdiri dari ruas-ruas yang termasuk dalam kategori tulang pendek, dan berfungsi sebagai penghubung antara berbagai bagian sistem gerak atau sistem muskuloskeletal.

Struktur tulang belakang

Berikut enam struktur tulang belakang pada manusia, yaitu:

  • Cakram tulang kecil

Pada tulang punggung, diskus intervertebralis atau cakram tulang kecil menumpuk sekaligus sebagai pembentuk kanal.

Kanal tulang punggung adalah terowongan yang menampung serta melindungi sumsum tulang punggung dan juga untuk menjaga saraf dari cedera.

Tulang kecil ini pula yang dapat membuat kita bisa melakukan berbagai gerakan. Akan tetapi, tulang kecil yang berada pada posisi paling bawah (sakrum dan tulang ekor) menyatu dan tak bergerak.

  • Tulang punggung leher (serviks)

Tulang punggung leher (servikal atau serviks) adalah bagian paling atas pada tulang punggung yang mempunyai tujuh ruas. Fungsi dari tulang leher yaitu untuk memutar, memiringkan, serta menganggukkan kepala.

Tulang punggung leher membentuk seperti huruf C ke bagian dalam sehingga bisa juga disebut sebagai kurva lordotik.

  • Tulang punggung tengah (torakal)

Bagian toraks atau yang lebih dikenal dengan tulang dada dari tulang punggung mempunyai 12 tulang kecil. Tulang rusuk kita ternyata menempel pada tulang bagian punggung tengah.

Bagian ini sedikit menekuk sehingga membentuk menyerupai huruf C ke belakang yang juga disebut sebagai kurva kyphotic.

Fungsi utama dari tulang punggung dada ialah untuk menahan tulang rusuk sekaligus pelindung bagi jantung dan paru-paru.

  • Tulang punggung bawah (lumbar)

Ada lima tulang kecil sebagai pembentuk dari tulang punggung bawah. Tulang punggung lumbar berguna untuk menopang bagian atas dan menjadi penghubung ke area panggul.

Bagian lumbar memiliki fungsi untuk menumpu sebagian besar berat badan. Tulang-tulang ini membantu memberikan stabilitas serta mobilitas pada tulang punggung, sekaligus sebagai titik perlekatan bagi banyak otot dan juga ligamen. Sebagian besar sakit punggung terjadi pada tulang punggung bagian lumbar.

  • Sacrum

Sakrum merupakan salah satu anatomi tulang punggung yang berbentuk seperti segitiga serta terhubung ke area pinggul.

Terdapat lima tulang pendek yang ada pada bagian sakrum. Perkembangannya dimulai ketika janin masuk di dalam rahim. Tulang sakrum dan pinggul akan membentuk seperti cincin yang disebut dengan panggul.

  • Tulang ekor

Tulang ekor terdiri dari empat tulang kecil yang membentuk seperti potongan kecil tulang yang berada pada bagian bawah tulang punggung.

Otot dan ligamen dasar panggul pun menempel dengan tulang ekor. Lalu, ada pula jaringan yang membentuk tulang punggung atau punggung ini, yaitu:

Fungsi tulang belakang

Enam fungsi tulang belakang, sebagai berikut:

  • Sebagai penopang tubuh

Fungsi utama dari tulang punggung adalah untuk menopang tubuh manusia. Bagian cervical bertanggung jawab untuk menopang tengkorak, sedangkan bagian thorax memberikan stabilitas dan kekuatan pada tubuh.

Sementara bagian lumbar berperan dalam memungkinkan gerakan tubuh menjadi lebih fleksibel tanpa putaran, serta menopang sebagian besar berat badan.

Tulang punggung memiliki struktur yang cocok untuk menopang tubuh dan dapat menyesuaikan bentuk dengan perubahan tubuh, seperti saat kehamilan atau penambahan berat badan.

Ketika membawa beban yang berat, lengkungan pada tulang punggung akan semakin besar untuk menjaga keseimbangan dan kekuatan tubuh agar dapat menopang beban tersebut.

  • Membuat tubuh lentur dan fleksibel dalam bergerak

Struktur dari tulang punggung yang tak beraturan dengan susunan tendon, otot, ligamen, dan sebagainya yang berguna sebagai pendukung untuk membantu tubuh supaya dapat bergerak lebih lentur serta fleksibel seperti meregang, membungkuk, berputar dan bersandar.

Bagian tulang punggung cervical memiliki tanggung jawab untuk membantu pergerakan leher dan kepala karena adanya kombinasi yang unik dari kedua tulang pada bagian  cervical, yakni sumbu dan atlas.

  • Melindungi saraf

Tulang punggung memiliki fungsi untuk melindungi sumsum tulang punggung dan saraf halus.

Sumsum tulang punggung merupakan bagian penting dalam mengendalikan fungsi organ-organ utama dalam tubuh.

Bentuk dan posisi tulang punggung, serta ligamen yang mengelilinginya, membentuk jaringan pelindung yang mampu menjaga sumsum tulang punggung agar tidak terluka.

  • Menghasilkan sel darah merah

Tulang punggung memiliki banyak sumsum tulang yang memproduksi sel darah merah dan mineral, bukan medula spinalis atau sumsum tulang belakang.

Sumsum tulang terdapat di dalam rongga tulang dan terdiri dari dua jenis, yaitu sumsum merah dan sumsum kuning.

Sumsum merah bertanggung jawab untuk memproduksi sel darah merah, trombosit, dan sel darah putih, sementara sumsum tulang kuning mengandung banyak sel lemak dan juga memproduksi sel darah putih.

  • Pelindung organ utama

Fungsi dari tulang punggung yang lainya ialah untuk melindungi organ utama. Kerangka melindungi dengan cara mengelilingi organ utama tubuh.  

Seluruh tulang rusuk manusia menempel dengan tulang punggung, tetapi hanya 7 pasang teratas yang menempel pada sternum. Tulang rusuk membentuk kerangka di sekitar paru-paru dan jantung.

  • Peredam getaran

Tulang punggung memiliki peran dalam meredam getaran ketika tubuh bergerak seperti ketika berdiri, jongkok, atau duduk.

Hal ini disebabkan oleh adanya bantalan yang disebut cakram intervertebralis yang terletak di antara tulang punggung dan berfungsi untuk mencegah gesekan antara satu tulang dengan tulang lainnya.

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

https://www.kompas.com/skola/read/2023/04/10/220000869/struktur-dan-fungsi-tulang-belakang-manusia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke