Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trombin: Enzim Pembekuan Darah

KOMPAS.com – Ada berbagai jenis enzim yang bekerja dalam tubuh manusia, salah satunya adalah trombin. Trombin bukan termasuk enzim nuklease karena tidak berperan saat pemutusan ikatan nukleotida DNA.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan enzim trombin dan apa fungsi enzim trombin? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian trombin

Trombin adalah enzim pembekuan darah yang membantu menutup luka saat tubuh mengalami cedera.

Seperti yang telah disebutkan, trombin bukan termasuk enzim nuklease. Melainkan, trombin adalah enzim protease yang dapat memecah protein menjadi molekul yang lebih sederhana.

Menurut Earl W. Davie dan John D. Kulman dalam An Overview of the Structure and Function of Thrombin (2006), trombin diproduksi oleh hati dan disekresikan ke dalam sirkulasi umum dalam bentuk zymogen yang tidak aktif atau lebih dikenal sebagai protrombin.

Protrombin mengalir ke seluruh tubuh bersama dengan darah dan kemudian diaktifkan oleh enterokinase pada bagian tubuh yang terluka.

Strutur trombin

Bagaimana struktur enzim trombin?

Dilansir dari Biology Online, trombin memilikistruktur berupa dua rantai (rantai A dan B) yang dihubungkan oleh ikatan disulfida.

Rantai A terdiri dari 36 asam amino dan rantai B terdiri dari 259 asam amino. Adapun, rantai B-nya memiliki urutan homologi dengan protease serin yang ada di pankreas.

Fungsi trombin

Trombin berfungsi mendukung pembekuan darah saat terjadi luka. Trombin berfungsi memecah protein fibrinogen yang bersifat larut menjadi fibrin.

Dilansir dari Medicine LibreTexts, fibrin adalah protein elastis, tidak larut, berwarna keputihan, dan berfungsi membentuk jaringan fibrosa dalam pembekuan darah.

Jaringan fibrosa yang dibentuk oleh fibrin inilah yang akan menutup luka dan mencegah terjadinya pendarahan berkelanjutan.

https://www.kompas.com/skola/read/2023/03/30/150000669/trombin--enzim-pembekuan-darah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke