Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pleura, Struktur yang Melindungi Paru-paru

KOMPAS.com – Struktur paru-paru dibagi menjadi beberapa bagian. Struktur yang berfungsi untuk melindungi paru-paru dari gesekan saat mengembang dan mengempis adalah pleura. Apa yang dimaksud dengan pleura dan fungsinya?

Pengertian pleura

Pleura adalah membran atau lapisan tipis yang membungkus paru-paru. Menurut Binit Sureka, dkk dalam Radiological Revies of Pleural Tumors (2013), ketebalan normal pleura adalah termasuk rongga pleura adalah sekitar 0,2 hingga 0,44 milimeter.

Paru-paru manusia ada dua, sehingga ada dua pleura yang melapisi keduanya dan disebut sebagai pleura kanan dan pleura kiri.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pleura memiliki permukaan yang terlihat berkilau karena terbuat daru sel datar mesothelium yang menutupi lapisan di bawah jaringan elastis longgar.

Lapisan pleura

Pleura terdiri dari dua lapisan, yaitu pleura visceral dan pleura parietal yang dipisahkan oleh rongga pleura.

Pleura visceral

Pleura visceral adalah lapisan pleura yang melapisi paru-paru dan meluas ke dalam, melapisi celah paru-paru dan memisahkan lobus.

Pleura parietal

Dilansir dari Verywell Health, pleura parietal adalah lapisan pleura yang melapisi dinding dada bagian dalam dan diafragma (otot yang memisahkan rongga dada dan perut).

Fungsi pleura

Pleura memiliki tiga fungsi utama, yaitu fungsi pelumasan, mempertahankan posisi, dan fungsi perlindungan dari organ lain. Berikut adalah penjelasan fungsi pleura!

Melumasi permukaan

Fungsi pleura yang pertama adalah melumasi permukaan. Sel mesothelium pembentuk pleura menghasilkan cairan pleura yang terakumulasi dalam rongga plura. Cairan pleura melumasi permukaan.

Pelumasan ini mengurangi gesekan antara dua lapisan untuk mencegah trauma saat bernapas.

Artinya, plura berfungsi untuk melindungi paru-paru dari gesekan saat mengembang dan mengempis saat manusia sedang bernapas.

Mempertahankan posisi paru-paru

Dilansir dari Medicine LibreTexts, cairan dalam rongga pleura menciptakan tegangan permukaan dan mempertahankan posisi paru-paru terhadap dinding toraks.

Sehingga, paru-paru dapat mengembang dan mengempis dengan posisi yang tetap terhadap toraks tanpa harus tergelincir.

Melindungi paru-paru

Pleura juga berfungsi memisahkan dan melindungi paru-paru dari organ dalam lainnya.

Pleura melindungi paru-paru dari gangguan fungsi karena organ lain dan mencegah penyebaran infeksi dari organ lain ke paru-paru dan sebaliknya.

https://www.kompas.com/skola/read/2023/02/07/190000769/pleura-struktur-yang-melindungi-paru-paru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke