Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Contoh Reaksi Endotermik dalam Kehidupan Sehari-hari

KOMPAS.com – Reaksi endotermik adalah reaksi kimia yang menyerap kalor. Reaksi endotermik banyak terjadi dalam kehidupan. Contoh reaksi endotermik dalam kehidupan sehari-hari adalah:

Fotosintesis

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, fotosintesis adalah reaksi endotermik karena menyerap panas dari energi radiasi matahari.

Reaksi fotosintesis menyerap panas matahari, air, dan juga zat anorganik untuk mengubahnya menjadi zat organik berupa gula dan oksigen.

Melelehnya es

Contoh reaksi endotermik dalam kehidupan sehari-hari adalah melelehnya es. Di mana panas dari lingkungan diserap oleh es, sehingga memutuskan ikatan fisik dan membuat es meleleh menjadi bentuk cair.

Artinya, proses melelehnya es kutub, melelehnya es dalam minuman, dan melelehnya es krim adalah contoh dari reaksi endotermik.

Dekomposisi termal

Contoh reaksi endotermik selanjutnya adalah dekomposisi termal. Dilansir dari BBC, dekomposisi termal adalah reaksi kimi yang terjadi ketika suatu senyawa terurai karena dipanaskan.

Dalam dekomposisi termal, panas diserap oleh sistem dan menyebabkan pengurai secara kimiawi.

Penguapan

Contoh reaksi endotermik dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya adalah penguapan. Penguapan adalah reaksi endotermik karena zat cair menyerap kalor atau panas.

Panas memberikan energi kinetik pada zat cair dan mengubahnya menjadi uap (gas).

Pemecahan alkana

Contoh reaksi endotermik selanjutnya adalah pemecahan alkane. Dilansir dari Chemguide, pemecahan alakana adalah pemecahan molekul hidrokarbon besar menjadi molekul yang lebih kecil dan berguna.

Contohnya adalah pemecahan molekul C15H32 menjadi etana, propana, dan oktana. Etana dan propana kemudian digunakan untuk pembuatan plastik dan bahan kimia organik.

Memasak

Contoh reaksi endotermik dalam kehidupans sehari-hari adalah memasak. Memasak makanan, membuat makanan menyerap panas sehingga molekul di dalamnya terurai dan masakan menjadi matang.

Contohnya adalah memasak telur. Panas yang diserap oleh telur membuat ikatan protein dalam telur rusak, sehingga telur menjadi matang.

https://www.kompas.com/skola/read/2023/01/30/170000269/contoh-reaksi-endotermik-dalam-kehidupan-sehari-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke