Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengertian Dividen dan Jenis-jenisnya

KOMPAS.com - Dividen berkaitan dengan aliran kas yang dibayarkan kepada pemegang saham atau equity investors.

Besar kecilnya dividen tergantung seberapa banyak saham yang dimiliki. Dengan demikian, jumlah dividen dipengaruhi besaran kepemilikan saham.

Apa itu dividen?

Pengertian dividen

Menurut Yeti Kusmawati dalam buku Dasar-dasar Keuangan (2022), dividen artinya pembagian laba perusahaan kepada para pemegang saham.

Dividen adalah bentuk pembagian keuntungan kepada pemegang saham dalam periode tertentu, berdasarkan jumlah kepemilikan saham.

Jenis dividen

Dikutip dari buku Go Public: Strategi Pendanaan dan Peningkatan Nilai Perusahaan (2008) oleh Hendy M. Fakhruddin, berikut beberapa jenis dividen:

  • Dividen tunai

Dividen tunai disebut juga cash dividend. Adalah dividen yang dibagikan kepada pemegang saham dalam bentuk kas atau tunai.

  • Dividen saham 

Disebut juga stock dividend.

Dilansir dari Buku Ajar Manajemen Investasi dan Portofolio (2021) karya Deni Sunaryo, dividen saham adalah pembagian laba perusahaan yang dibayarkan dalam bentuk saham.

Pembagiannya bisa berbentuk saham sejenis atau berbeda. Meski sahamnya dibagikan, perhitungan kekayaan perusahaan tidak akan berkurang atau tetap.

  • Property dividend 

Adalah pembagian dividen berbentuk aktiva lain, seperti kas atau tunai. Contohnya pembagian dividen berupa surat berharga.

  • Liquidating dividend 

Adalah jenis dividen yang diberikan kepada pemegang saham, sebagai akibat adanya likuidasi  (pembubaran perusahaan yang disertai pembagian saham).

Adapun, dividen yang diberikan ini diperoleh dari selisih nilai realisasi aset perusahaan dikurangi semua kewajiban yang ada.

Dari keempat jenis dividen tersebut, biasanya pembagian laba perusahaan menggunakan dividen tunai dan saham, di mana dividen tunai lebih sering dilakukan.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/11/09/110000069/pengertian-dividen-dan-jenis-jenisnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke