Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengertian Interaksi Sosial, Bentuk, Syarat, dan Faktornya

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

KOMPAS.com - Dalam kehidupan sehari-hari, terjadi interaksi sosial antar manusia. Apakah yang dimaksud dengan interaksi sosial? Untuk memahami tentang interaksi sosial, simaklah penjelasan berikut!

Pengertian interaksi sosial

Pengertian interaksi sosial Secara harfiah interaksi berarti tindakan (action) yang berbalasan antarindividu atau antarkelompok. Tindakan saling memengaruhi ini seringkali dinyatakan dalam bentuk simbol-simbol atau konsep-konsep.

Sehingga, pengertian interaksi sosial, yaitu hubungan timbal balik yang dinamis antara individu dan individu, antara individu dan kelompok, atau antara kelompok dengan kelompok baik dalam kerja sama, persaingan, ataupun pertikaian.

Interaksi sosial antarmanusia terjalin dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup bersama. Dalam hubungan itu satu sama lain saling memengaruhi.

Bentuk Interaksi Sosial

Dalam kehidupan bermasyarakat, bentuk interaksi sosial diwujudkan seperti berikut: 

  • Interaksi sosial antara individu dengan individu

Wujud interaksi sosial antara individu dengan individu dapat kita lihat, yaitu saat dua orang bertemu kemudian terjadi interaksi dalam bentuk saling menegur, dan lain sebagainya.

  • Interaksi sosial antara individu dengan kelompok

Wujud interaksi sosial antara individu dengan kelompok, antara lain jika seorang guru atau dosen yang sedang mengajar murid-muridnya tentang suatu mata pelajaran.

Guru adalah satu orang sehingga disebut individu dan murid-murid disebut kelompok karena terdiri banyak siswa yang sedang menyimak ajaran guru. 

  • Interaksi sosial antarkelompok

Wujud dari interaksi sosial antarkelompok, merupakan interaksi antarkelompok. Contohnya yaitu pada Perang Dingin atau pertentangan antara dua blok atau dua kelompok.

Syarat terjadinya interaksi sosial 

Perlu kalian ingat, bahwa interaksi sosial hanya bisa berlangsung jika terpenuhinya dua syarat yaitu kontak sosial, komunikasi, dan tindakan sosial. Penjelasannya yaitu:

  • Kontak sosial

Kontak sosial merupakan hubungan antara satu pihak dengan pihak lain, sebagai awal atau langkah pertama akan terwujudnya sebuah interaksi sosial.

Di dalam kontak sosial, akan tercipta sebuah aksi dan reaksi antara pihak yang bersentuhan secara fisik.

  • Komunikasi

Komunikasi diartikan sebagai bentuk berhubungan atau bergaul dengan orang lain. Karakteristik komunikasi adalah bentuk menyampaikan sebuah pesan kepada orang lain yang pelaksanaannya secara langsung maupun melalui alat bantu.

Dari proses komunikasi, akan muncul tanggapan atau respons. Bentuk komunikasi wujudnya dapat berupa ucapan atau kata-kata, gerak tubuh, mimik wajah dan lain sebagainya. 

  • Tindakan sosial

Tindakan sosial merupakan sebuah aksi tindakan yang memengaruhi orang atau individu lain, namun tetap mempertimbangkan keberadaan orang tersebut. Tindakan sosial dibagi menjadi empat macam, yaitu: 

Faktor-faktor terjadinya interaksi sosial 

Suatu proses interaksi dalam pelaksanaannya dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Sugesti

Sugesti adalah suatu usaha memberikan pengaruh pada orang lain dengan cara tertentu, supaya orang tersebut mau mengikuti pemikirannya. Contoh sugesti yaitu semua iklan yang ditampilkan di televisi hampir semuanya bersifat sugesti.

  • Imitasi

Imitasi adalah suatu usaha meniru tindakan orang atau individu lain yang dianggap sebagai tokoh idealnya.

Contohnya, yaitu seorang anak sering meniru pola perilaku orang tuanya dalam hal cara berbusana serta bicara.

  • Identifikasi

Identifikasi adalah suatu usaha ingin menjadi sama dengan orang lain. Identifikasi ney seperti upaya menjiplak supaya mirip artis atau tokoh idolanya.

Contohnya, seorang siswa SMP merupakan pengagum berat artis terkenal, lalu dia meniru model rambut. model pakaian, atau gaya perilakunya supaya bisa sama dengan idolanya tersebut. 

  • Simpati

Simpati adalah proses ketertarikan seseorang pada orang lain karena sikap, penampilan, wibawa, atau perbuatannya. Contohnya simpati saat temannya mencapai suatu prestasi di kelas.

  • Empati

Empati adalah suatu sikap berusaha merasakan kondisi orang lain sesuai keadaan yang sebenar-benarnya.

Contohnya saat teman sekelas ada yang sakit dan dirawat di rumah sakit, maka diadakan pengumpulkan sumbangan sukarela dari teman-teman sekelas.

Lalu, teman-teman sekelas menjenguk ke rumah sakit dan uang yang terkumpul dibelikan oleh-oleh atau jika uang diberikan pada keluarganya untuk meringankan biaya perawatan.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/09/28/103000169/pengertian-interaksi-sosial-bentuk-syarat-dan-faktornya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke