Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ragam Warisan Kebudayaan Indonesia

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

KOMPAS.com - Indonesia memiliki warisan budaya yang beragam karena telah berkembang selama berabad-abad. Warisan budaya Indonesia dipengaruhi oleh kebudayaan india, arab, cina, dan eropa.

Ragam warisan kebudayaan itu meliputi berbagai aspek kehidupan masyarakat indonesia yang tertuang dalam bentuk kesenian tradisional.

Ragam warisan kebudayaan tersebut diantaranya adalah seni tari dan pertunjukan, seni musik, busana, arsitektur, dan olahraga.

Berikut pemaparannya:

Seni tari dan pertunjukan

Seni tari dan pertunjukan tradisional di negara kita sebenarnya merupakan cermin kehidupan tiap-tiap kelompok masyarakat atau suku yang ada di Indonesia.

Tarian dan pertunjukan yang dimainkan bisa merupakan sebuah kisah tentang kehidupan mereka sehari-hari.

Misalnya, Suku Mentawai yang hidupnya sangat dekat dengan alam, maka tarianya pun banyak meniru gerakan yang terjadi di alam.

Seni tari dan pertunjukan terbentuk dari adat-istiadat masyarakat lokal secara turun temurun,.

Namun, pada perkembangannya, seni tari dan pertunjukan nasional pun tidak lepas dari pengaruh budaya luar yang masuk dan berkembang di Indonesia.

Misalnya, tarian tradisional Jawa dan Bali yang memiliki aspek budaya dan mitologi hindu. Banyak juga seni tari yang berisikan nilai-nilai islam.

Beberapa diantaranya dapat ditemukan di daerah Sumatra seperti Tari Rateb Meuseukat dan tari Seudati dari Aceh.

Seni musik

Setiap provinsi di Indonesia memiliki musik tradisional dengan ciri khasnya tersendiri.

Keindahan seni musik tradisional Indonesia tidak terlepas dari alat-alat musik tradisional yang juga tak kalah uniknya.

Alat musik tradisional yang merupakan alat musik khas Indonesia memiliki banyak ragam dari berbagai daerah di Indonesia.

Pembuatan alat musik tersebut umumnya masih dikerjakan secara tradisional dan menggunakan bahan-bahan yang alami seperti kayu atau bamboo.

Contohnya adalah sasando, angklung, tifa, kolintang, dan saluang.

Busana

Warisan budaya Indonesia yang terkenal di seluruh dunia dalam hal busana adalah kerajinan batik.

Beberapa daerah yang terkenal akan industri batiknya, yaitu Yogyakarta, Surakarta, Cirebon, Pandeglang, Garut, Tasikmalaya, dan Pekalongan.

Daerah-daerah Sumatra pun terkenal akan kerajinan batiknya yang tak kalah indah dengan kerajinan batik jawa.

Daerah-daerah itu adalah Padang, Jambi, dan Palembang. Busana asli Indonesia yang beragam bentuknya dapat dikenali dari ciri-cirinya yang dikenal di setiap daerah.

Misalnya, baju kurung dengan songket dari Sumatra Barat, kain ulos dari Sumatra Utara, busana kebaya dikenakan oleh etnis Melayu yang tersebar di seluruh Indonesia. Baju Bodo dari Sulawesi Selatan, busana berkoteka dari Papua dan banyak lagi.

Arsitektur

Arsitektur Indonesia mencerminkan keanekaragaman budaya, sejarah, dan geografi yang membentuk Indonesia seutuhnya.

Bangsa penjajah, penyebar agama, dan pedagang membawa perubahan budaya dengan memberi dampak pada gaya dan teknik bagunan tradisionalnya. 

Pengaruh arsitektur asing yang paling kuat adalah dari India, Cina dan Arab. Tetapi sejak abad ke-19, pengaruh Eropa menjadi cukup dominan karena masa itu bangsa Indonesia masih berada di bawah penjajahan Hindia Belanda.

Ciri khas arsitektur Indonesia kuno masih dapat dilihat melalui rumah-rumah adat dan istana-istana kerajaan pada setiap provinsi.

Beberapa contoh bangunan khas indonesia misalnya Punden Berundak, Rumah Gadang dan Monumen Nasional.

Olahraga

Indonesia memiliki banyak olahraga tradisional yang cukup beragam, diantaranya sepak takraw dari Makassar dan karapan sapi dari Madura.

Salah satu olahraga yang paling terkenal adalah Pencak Silat yang merupakan seni bela diri unik asli Indonesia.

Seni bela diri ini sering ditampilkan pada acara-acara pertunjukan yang biasanya diikuti dengan musik tradisional berupa gamelan atau musk tradisional lainya sesuai dengan daerah asalnya.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/09/07/170000669/ragam-warisan-kebudayaan-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke