Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fungsi Lingkungan sebagai Tempat Tinggal

KOMPAS.com - Lingkungan adalah semua hal yang memengaruhi pertumbuhan makhluk hidup. Lingkungan juga berarti tempat yang digunakan makhluk hidup untuk beraktivitas.

Dalam kehidupan sehari-hari, makhluk hidup membutuhkan lingkungan untuk memenuhi kebutuhannya, seperti bekerja, makan, minum, belajar, dan sebagai tempat tinggal.

Menurut Andi Tenri dan Muh. Yunus dalam buku Sosiologi Lingkungan Memaknai Entitas Manusia dan Lingkungan (2022), salah satu fungsi dasar lingkungan ialah menyediakan berbagai sumber daya demi keberlangsungan makhluk hidup.

Contohnya, lingkungan dimanfaatkan sebagai tempat tinggal, tidak hanya bagi manusia tetapi tumbuhan dan hewan.

Lingkungan sebagai tempat tinggal

Dikutup dari buku Arsitektur Tropis Nusantara: Rumah Tropis Nusantara Kontemporer (2018) karangan Agung Murti Nugroho, lingkungan sebagai tempat tinggal berarti digunakan untuk berlindung dari perubahan cuaca maupun gangguan lainnya.

Sebagai tempat tinggal, lingkungan juga berfungsi untuk melindungi makhluk hidup dari berbagai bahaya, seperti ancaman hewan buas, hujan, dan sebagainya.

Jelaskan fungsi lingkungan sebagai tempat tinggal! 

Fungsi lingkungan sebagai tempat tinggal adalah untuk menjadi tempat berteduh dan berlindung dari segala bentuk ancaman serta ganggungan.

Tempat tinggal ini diperuntukkan bagi semua makhluk hidup tanpa terkecuali, yakni manusia, hewan, dan tumbuhan.

Adapun makhluk hidup membutuhkan lingkungan sebagai tempat tinggal untuk mendapat kenyamanan dan rasa aman. Sehingga mereka bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari, termasuk berinteraksi dengan makhluk hidup lainnya.

Bisa disimpulkan bahwa fungsi lingkungan sebagai tempat tinggal memegang peranan penting dalam kehidupan makhluk hidup. Oleh sebab itu, kita sebagai manusia harus merawat lingkungan sekitar kita. Contohnya rajin membersihkan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/05/24/070000969/fungsi-lingkungan-sebagai-tempat-tinggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke