Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sel Goblet: Pengertian, Struktur, dan Letaknya

KOMPAS.com – Dalam tubuh makhluk hidup, terdapat berbagai jenis sel dengan fungsi yang berbeda-beda. Salah satu sel yang memiliki fungsi penting adalah sel goblet. Apa yang dimaksud dengan sel goblet? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian sel goblet

Sel goblet adalah jenis sel epitel khusus yang mengeluarkan musin intraepitel. Musin adalah komponen utama lendir, berupa cairan kental berisi protein terglikosilasi dalam larutan elektrolit.

Fungsi utama musin adalah melumasi dan melindungi lapisan organ. Kemampuannya mengeluarkan musin, membuat sel goblet kerap disebut sebagai kelenjar uniseluler.

Struktur sel goblet

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, sel goblet adalah sel kolumnar tinggi yang bentuknya mirip dengan goblet (gelas piala) jika isinya dikosongkan.

Sel goblet memiliki organel sel yang lengkap seperti inti, mitokondria, badan golgi, dan retikulum endoplasma.

Musin sel goblet diproduksi oleh retikulum endoplasma kasar, inilah mengapa sel goblet memiliki banyak retikulum endoplasma kasar yang lebih luas darpada sel lainnya.

Untuk mempermudah produksi musin, sel goblet memiliki struktur yang terpolarisasi. Dilansir dari Hypertextbook for Biomedical Sciences, inti sel goblet berada di dasar sel bersama dengan mitokondria, retikulum endoplasma, dan badan golgi.

Adapun, sebagian besar ruang intraselular diisi oleh granula sekretorik dan juga cairan musin. Dilansir dari Biology Dictionary, graula sekretorik berfungsi untuk memproduksi dan mengirimkan sejumlah besar sekresi ke luar dan dalam ruang ekstraseluler.

Struktur sel goblet dilengkapi dengan mikrovili. Mikrovili adalah tonjolan kecil di bagian ujung sel goblet. Mikrovili membantu sel goblet untuk mengeluarkan cairan sekresi dan musin ke luar sel.

Letak sel goblet

Di mana letak sel goblet? Karena merupakan sel epitel, sel goblet terletak di semua jaringan epitel. Jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi bagian luar dan dalam tubuh.

Karena merupakan penghasil musin intraepitel, sel goblet ditemukan pada organ dalam tubuh. Dilansir dari BioExplorer, secara khusus sel goblet ditemukan melapisi epitel:

  • Organ saluran pernapasan seperti trakea, bronkiolus, dan bronkus
  • Organ saluran pecernaan seperti usus besar dan usus kecil
  • Konjungtiva selaput dan kelopak mata

Namun, jumlah sel goblet yang paling banyak terdapat dalam usus besar. Sel goblet memiliki fungsi yang berbeda bagi setiap organ.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/05/23/152119669/sel-goblet-pengertian-struktur-dan-letaknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke