Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kata Rujukan: Pengertian, Jenis, dan Contoh Kalimatnya

KOMPAS.com - Kata rujukan berfungsi sebagai penghubung antarkalimat, agar sebuah paragraf terlihat kohesif atau menyatu.

Beberapa contoh kata rujukan yang sering digunakan, antara lain ia, dia, ini, itu, tersebut, di sana, di sini, di situ, dan masih banyak lagi.

Pengertian kata rujukan

Menurut Taufiqur Rahman dalam buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2018), kata rujukan adalah kata yang merujuk pada kata lain yang telah diungkapkan sebelumnya.

Keterangan lanjutan tentang satu hal yang berdasarkan data dan merujuk pada pendapat adalah definisi dari kata rujukan.

Jenis kata rujukan dan contohnya

Dikutip dari buku Bahasa Indonesia (2019) karya Eti Wati, kata rujukan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

Kata rujukan benda

Adalah kata ganti yang digunakan untuk merujuk pada suatu benda atau hal yang dianggap sebagai sebuah benda. Beberapa contoh kata rujukan benda adalah ini, itu, dan tersebut.

Contoh kalimatnya:

  • Kemarin Thomas membeli buku pelajaran. Buku ini harganya cukup murah karena mendapatkan diskon khusus. (Kata ini merujuk pada buku yang dibeli Thomas).
  • Adi baru saja membayar uang iuran keamanan di lingkungan rumahnya. Uang tersebut didapatkan Adi dari kakaknya. (Kata tersebut merujuk pada uang yang dibayarkan Adi untuk iuran keamanan).

Kata rujukan orang

Adalah kata rujukan yang mengacu pada orang atau suatu hal yang diperlakukan seperti orang. Contoh kata rujukan orang adalah dia, ia, mereka, beliau, dan lain-lain.

Contoh kalimatnya:

  • Bian adalah anak yang rajin. Karena dia sering membantu orangtuanya membersihkan rumah dan merawat kebun. (Kata dia merujuk kepada Bian).
  • Andi, Bela, Ian, dan Rita pergi ke kebun binatang. Mereka berangkat pagi tadi dan baru saja pulang. (Kata mereka merujuk pada Andi, Bela, Ian, dan Rita).

Kata rujukan tempat

Adalah kata rujukan yang digunakan sebagai kata ganti tempat atau acuan pada suatu tempat. Beberapa contoh kata rujukan tempat, antara lain di sana, di sini, di situ, dan sebagainya.

Contoh kalimatnya:

https://www.kompas.com/skola/read/2022/03/08/070000069/kata-rujukan--pengertian-jenis-dan-contoh-kalimatnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke