Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sumber Daya Alam di Kota Balikpapan

Oleh: Abdul Rahmat, Guru SDN 011 Balikpapan Tengah, Kalimantan Timur

KOMPAS.com - Kota Balikpapan terletak di Provinsi Kalimantan, yang kelak akan menjadi salah satu kota penyangga ibukota baru.

Kota dengan maskot beruang madu ini memiliki beragam sumber daya alam yang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Berikut beberapa sumber daya alam di Kota Balikpapan: 

Minyak dan gas bumi

Pemanfaatan sumber daya alam di Kota Balikpapan salah satunya adalah minyak dan gas, hingga kota ini mendapat julukan sebagai Kota Minyak.

Sebagian besar sumber daya alam minyak dan gas di Kota Balikpapan dikelola oleh BUMN, yaitu Pertamina. 

Walaupun minyak bumi dan gas di Kalimantan diperkirakan masih cukup banyak persediannya, tetapi sumber daya ini termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. 

Sehingga Kota Balikpapan juga harus berupaya untuk tidak selalu tergantung pada sektor migas saja.

Kini Kota Balikpapan juga berupaya menggali potensi industri lain di luar sektor minyak dan gas, terutama pada pada sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Perikanan

Salah satu yang juga terkenal di Kota Balikpapan ialah kuliner seafood atau makanan lautnya. Banyak restoran dan rumah makan yang menyediakan menu berupa ikan, kepiting, udang dan sebagainya yang memanjakan lidah. 

Lokasi Kota Balikpapan di pesisir laut menjadikan kota ini kaya akan hasil laut. Sumber daya alam berupa perikanan menjadi komoditi yang menjanjikan.

Pantai dan laut juga dapat dimanfaatkan untuk fungsi ekonomi lainnya berupa: pertambangan, rekreasi dan pariwisata, jasa transportasi dan pelabuhan.

Wilayah budidaya sumber daya alam perikanan di Kota Balikpapan terletak di perairan daerah Kariangau hingga Manggar, Teritip sampai ke Lamaru. Jenis hasil laut yang diolah dan dibudidaya berupa, ikan bandeng, berbagai jenis ikan kerapu, udang, kerang-kerangan.

Pertanian dan perkebunan

Selain perikanan, pertanian serta perkebunan yang merupakan sumber daya yang dapat diperbarui juga menjadi andalan masyarakat kota Balikpapan.

Sebagian besar berpusat di wilayah kecamatan Balikpapan Utara dan Balikpapan Timur. Hasil pertanian dan perkebunan khas Kota Balikpapan pada di antaranya pepaya mini, salak, nanas, buah naga, dan karet. 

Potensi ekowisata

Ekowisata menurut KBBI adalah wisata berbasis alam yang menekankan pembelajaran lingkungan dan memastikan lingkungan tidak dirusak oleh wisatawan atau kegiatan wisata.

Kegiatan konservasi sumber daya alam, wisata edukasi atau pendidikan yang berwawasan lingkungan, serta juga meningkatkan ekonomi masyarakat lokal.

Kota Balikpapan memiliki potensi ekowisata yang cukup besar, di antaranya yaitu Kebun Raya Balikpapan di km 15, Mangrove Center Graha Indah Balikpapan, Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) di km 23, Hutan Lindung Sungai Wain, Bambu Wanadesa km 15 serta daerah lain yang dikelola baik oleh pemerintah atau swasta.

Di Kota Balikpapan juga memiliki beberapa pantai yang indah dengan potensi wisata bahari yang besar, seperti di Pantai Lamaru, Pantai Monpera, Pantai Kilang Mandiri, Pantai Manggar Segara Sari dan lain-lain.

Jika pengelolaan ekowisata ini berjalan dengan baik maka akan mengundang banyak wisatawan dan pastinya berdampak positif pada pendapatan lain seperti hotel, kuliner, wisata belanja serta perekonomian masyarakat sekitar. 

https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/28/130000769/sumber-daya-alam-di-kota-balikpapan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke