Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Sifat Iklim Organisasi

KOMPAS.com - Sifat iklim organisasi adalah iklim baik secara organisasi, semua iklim adalah abstrak, iklim bersifat abstrak serta persepsual, dan iklim itu sendiri.

Iklim organisasi menjadi faktor penting penentu kehidupan sebuah organisasi. Iklim organisasi merupakan salah satu faktor penentu kepuasan kerja karyawan.

Dikutip dari buku Iklim Organisasi Era Digital (Konseptual dan Operasionalisasi) (2021) karya Fakhry Zamzam dan Tien Yustini, berikut pengertian iklim organisasi menurut Gilmer:

“Iklim organisasi merupakan seperangkat karakteristik yang menggambarkan suatu organisasi dan membedakannya dengan organisasi lain, serta memengaruhi perilaku orang di dalamnya”.

Sementara itu, McMurray mendefinisikan iklim organisasi sebagai gambaran konstruksi yang merefleksikan konsensus antara anggota organisasi terkait, dengan berbagai elemen kunci organisasi yang terdiri dari sistem, praktik, serta gaya kepemimpinan.

Melansir buku Perilaku Organisasi (Teori dan Konsep) (2021) karya Rahmi Widyanti, berikut empat sifat iklim organisasi:

Iklim baik secara organisasi

Artinya individu maupun grup, secara keseluruhan bersifat psikologis dan memiliki persepsi. Individu adalah persepsi yang diperoleh seluruh anggota dari satuan unit sosial.

Semua iklim adalah abstrak

Sifat iklim organisasi ini berarti individu biasanya memanfaatkan informasi mengenai barang dan berbagai kegiatan yang terjadi dalam organisasi, guna membentuk suatu rangkuman persepsi tentang iklim.

Setelah membentuk rangkuman, persepsi itu kemudian digabungkan dengan pengamatan serta pengalaman pribadi individu dalam organisasi, untuk dibuat peta kognitif dari individu tersebut.

Iklim bersifat abstrak dan persepsual

Individu dalam organisasi memiliki prinsip yang sama dengan persepsi. Saat prinsip itu digunakan dalam pengamatan lingkungan kerja, akan timbul deskripsi yang sifatnya multidimensi.

Iklim itu sendiri

Sifat iklim organisasi ini artinya peneliti lebih banyak mempertanyakan apa yang dilihat individu dalam lingkungan kerja mereka kepada orang lain, dibanding harus menanyakan kepada individu tersebut untuk menyatakan apakah itu baik atau buruk.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/27/090000169/4-sifat-iklim-organisasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke