Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Internal Public Relations: Pengertian dan Fungsinya

KOMPAS.com - Internal public relations memengaruhi keberhasilan atau kesuksesan perusahaan.

Dalam sebuah perusahaan, internal public relations memiliki fungsi atau peranan yang sangat penting. Salah satunya, membangun dan membina hubungan komunikasi yang harmonis antara karyawan, direksi, serta manajemen.

Pengertian internal public relations

Internal public relations adalah bagian PR (Public Relations) perusahaan yang bertanggung jawab membina serta mengelola hubungan dengan publik internalnya.

Dikutip dari buku Pemasaran Strategik: Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plus (2015) karya Ujang Sumarwan, dkk, publik yang dimaksudkan dalam internal public relations terbatas pada sekelompok individu yang terlibat pada satu kegiatan, serta terikat oleh kesamaan perhatian dan kepentingan guna mencapai tujuan.

Publik tersebut adalah publik karyawan, pemegang saham, serta publik dari berbagai departemen, biro, atau unit terkecil dalam perusahaan atau instansi.

Fungsi internal public relations

Melansir buku Strategi Public Relations (2010) karya Silih Agung Waesa, internal public relations memiliki enam fungsi, yaitu:

  1. Mengomunikasikan kebijakan yang dibuat direksi dan manajemen kepada karyawan.
  2. Menjelaskan perubahan kebijakan direksi dan manajemen, agar karyawan memahami dasar pengambilan keputusan.
  3. Membangun jaringan komunikasi interaktif antara karyawan, manajemen, serta direksi. Jaringan komunikasi sangat penting dalam perusahaan. Adanya komunikasi yang harmonis dan interaktif di antara berbagai pihak akan mempermudah pencapaian tujuan dan kesuksesan perusahaan.
  4. Membantu proses restrukturisasi. Mulai dari sosialisasi kebijakan hingga pelatihan untuk meminimalisir dampak buruk akibat restrukturisasi.
  5. Membantu meningkatkan rasa kepemilikan perusahaan dalam diri karyawan.
  6. Membantu terciptanya budaya perusahaan sesuai visinya. Artinya internal public relations berfungsi membantu pembentukan atau penciptaan budaya perusahaan sesuai visi yang ingin dicapai.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/27/080000269/internal-public-relations--pengertian-dan-fungsinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke