Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dampak Perjuangan yang Dilakukan Pattimura

KOMPAS.com - Pattimura merupakan salah satu pahlawan Indonesia dari Maluku. Pattimura sangat berjasa bagi Maluku dan bangsa Indonesia, karena berani memimpin dan berjuang melawan Belanda.

Kapitan Pattimura lahir pada 8 Juni 1783 di Saparua, Maluku. Ia meninggal pada 16 Desember 1817, karena dijatuhi hukuman gantung oleh pihak Belanda.

Dikutip dari jurnal Game Sejarah Perjuangan Kapitan Patimura Berbasis Android (2015), Pattimura dikenal teguh dan gagah berani dalam melakukan perlawanan terhadap Belanda, bahkan ia juga menolak ajakan kerja sama atau berdamai.

Salah satu alasan mengapa Pattimura bangkit melawan Belanda, karena para penjajah menguasai perdagangan rempah-rempah di seluruh Kepulauan Maluku.

Akibatnya rakyat diharuskan menjual rempah-rempah dengan harga murah, dan menyerahkan sejumlah bahan pangan kepada Belanda.

Menurut Mirnawati dalam buku Kumpulan Pahlawan Indonesia Terlengkap (2012), selama perjuangannya melawan Belanda, Kapitan Pattimura berhasil merebut Benteng Duurstede dari tangan Belanda.

Apa dampak dari perjuangan yang dilakukan Pattimura?

Dampak dari perjuangan yang dilakukan Pattimura adalah Benteng Duurstede berhasil direbut oleh Kapitan Pattimura bersama warga Maluku yang bangkit melawan Belanda.

Perjuangan yang dilakukan Pattimura juga berdampak positif bagi persatuan masyarakat saat itu. Karena Kerajaan Ternate dan Tidore, raja di Bali, Sulawesi dan Bali, bersatu untuk berjuang serta melawan penjajahan Belanda.

Selain itu, Pattimura juga berjuang dan melawan Belanda supaya kekayaan alam Indonesia, yakni rempah-rempah, tidak dikuasai atau jatuh ke tangan Belanda.

Bila disimpulkan, ada tiga dampak dari perjuangan yang dilakukan Pattimura, yakni:

https://www.kompas.com/skola/read/2021/11/24/160000569/dampak-perjuangan-yang-dilakukan-pattimura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke