Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rumus Volume Limas dan Contoh Soalnya

KOMPAS.com – Piramida merupakan bangunan dengan bentuk limas. Volume piramida dapat dihitung karena limas merupakan bangun ruang tiga dimensi yang bervolume.

Untuk lebih memahami tentang volume limas, berikut penjelasan mengenai rumus volume limas dan contoh soalnya!

Rumus volume limas

Dilansir dari Cuemath, limas memili berbagai jenis berdasarkan bentuk alasnya. Ada limas segitiga, limas segiempat, limas segilima, dan lain sebagainya. Namun, secara garis besar limas memiliki rumus untuk mencari volumenya sebagai berikut:
Volume limas = x luas alas x tinggi

Mengapa ada angka dalam rumus tersebut? Dilansir dari Departement of Mathematics Brown University, angka didapatkan karena jika suatu kubus dibagi menjadi tiga akan menghasilkan tiga buah limas yang sama volumenya. Sederhanya, volume limas sama dengan sepertiga volume kubus.

Soal: Sebuah limas segiempat beraturan memiliki panjang rusuk alas 10 cm dan tinggi sisi tegak 13 cm. Berpakah volume limas tersebut?

Jawaban:

Tinggi sisi tegak digambarkan dengan garis berwarna jingga. Sehingga, untuk mencari volume limas tersebut kita terlebih dahulu harus mencari tinggi limas (t) yang dilambangkan dengan garis berwarna biru.

Volume limas

= x luas alas x tinggi
=
=
= 400 cm³

Sehingga, jawabannya adalah 400 cm³.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/11/19/080000869/rumus-volume-limas-dan-contoh-soalnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke