Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa yang Dipelajari untuk Menjadi Pelaku Wirausaha?

KOMPAS.com – Wirausaha adalah seseorang yang melihat peluang dan memanfaatkan peluang tersebut untuk membangun usahanya sendiri.

Apa saja yang perlu kita pelajari untuk menjadi pelaku wirausaha? Berikut adalah hal-hal yang harus dipelajari untuk menjadi seorang wirausaha:

Komunikasi

Komunikasi adalah hal yang perlu kita pelajari untuk menjadi pelaku wirausaha. Seorang wirausaha harus dapat mengkomunikasikan dengan baik tentang perusahaan kepada konsumen yang akan membeli juga kepada investor yang akan memberikan modal.

Seorang wirausaha juga harus berkomunikasi untuk dapat berkoordinasi dengan seluruh karyawan dan rekan kerjanya.

Komunikasi dapat membantu wirausaha untuk mengembangkan jaringan sosial untuk kemajuan perusahaannya. Semakin baik kemampuan komunikasi seorang wirausaha, maka semakin besar kemungkinan usahanya bisa sukses.

Keuangan dan akuntansi

Keuangan dan akuntansi juga merupakan hal yang harus dipelajari untuk menjadi seorang wirausaha. Dilansir dari Entrepreneur, akuntansi membantu wirausaha untuk melacak keuangan bisnis, arus kas, hutang piutang, perbankan, dan perencanaan pajak.

Keterampilan keuangan dan akuntansi dibutuhkan untuk memanajemen keuangan perusahaan agar perusahaan tetap produktif dalam menghasilkan keuntungan.

Keterampilan berpikir strategis

Untuk menjadi seorang wirausaha, kita harus memiliki keterampilan berpikir strategis. Mengutip dari Harvard Business School Online, keterampilan berpikir strategis adalah keterampilan berpikir kritis dalam merencanakan masa depan untuk mencapai tujuan bisnis, mengatasi hambatan dan tantangan.

Keterampilan berpikir strategis membantu seorang wirausaha menganalisa keadaan bisnisnya, memecahkan permasalahan dan tantangan yang dihadapi, juga merencanakan pekerjaan untuk mencapai keuntungan dan mengurangi kemungkinan resiko di masa depan.

Pemasaran

Pemasaran juga merupakan suatu hal yang harus dipelajari untuk menjadi seorang wirausaha. Wirausaha melihat peluang dan mengubahnya menjadi suatu produk baru yang inovatif.

Produk yang inovatif sifatnya baru bagi masyarakat sehingga sering menimbulkan keraguan untuk membelinya.

Untuk meyakinkan pasar, dibutuhkan kemampuan pemasaran. Menyadur dari Forbes, pemasaran membantu mematahkan paradigm dan mengubah pola pikir sehingga pasar dapat menerima suatu inovasi wirausaha.

Pemasaran yang baik merupakan kunci keberhasilan suatu produk inovatif untuk diterima oleh pasar. Sehingga keterampilan pemasaran sangat dibutuhkan oleh seorang wirausaha.

Manajemen

Seorang pelaku wirausaha juga harus mempelajari manajemen. Manajemen membantu seorang wirausaha mengolah sumber daya yang dimilikinya untuk produktivitas perusahaan. Sumber daya tersebut dapat berupa modal, waktu, tempat, alat, bahan, dan juga tenaga kerja.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/11/04/103000269/apa-yang-dipelajari-untuk-menjadi-pelaku-wirausaha-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke