Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Globalisasi di Bidang Olahraga

KOMPAS.com – Globalisasi yang merupakan proses meningkatnya interaksi manusia di seluruh dunia memberikan dampak pada berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang olahraga. Adakah manfaat globalisasi dalam bidang olahraga? 

Peluang karir internasional

Globalisasi membuat olahraga menjadi mendunia. Perhatian olahraga tidak hanya datang dari satu tempat, melainkan dari seluruh dunia. Hal tersebut memberikan peluang karir yang jauh lebih luas bagi atlik, pelatih, dan pelaku olahraga lainnya.

Berkembangnya olahraga

Globalisasi memudahkan akses informasi dalam masyarakat maupun pelaku di bidang olahraga.

Kemudahan akses informasi dapat berupa pertukaran kemampuan maupun tenaga ahli yang dapat meningkatkan elemen-elemen yang mendukung berkembangnya olahraga dalam suatu negara.

Menurut Joseph Maguire dalam jurnal Sport and Globalization (2000) menyebutkan elemen kesksesan tersebut adalah identifikasi sumber daya manusia, metode pembinaan dan pelatihan, efisiensi organisasi olahraga, dan juga pengetahuan kedokteran dan ilmu olahraga.

Pertandingan olahraga internasional

Salah satu manfaat globalisasi yang paling kentara adalah dihelatnya pertandingan olahraga internasional.

Pertandingan internasional meningkatkan interaksi antar bangsa-bangsa di dunia, menumbuhkan persahabatan, juga memberikan ruang untuk atlit dan pelatih mengambangkan bakatnya.

Meningkatkan saran dan prasarana olahraga

Perkembangan olahraga yang terjadi karena globalisasi diikuti oleh peningkatan sara dan prasaran olahraga untuk mencetak sumber daya manusia yang siap bersaing di kancah internasional.

Meningkatnya demokrasi dalam olahraga

Globalisasi meningkatkan demokrasi dalam olahraga. Di mana semua manusia memiliki hak yang sama untuk kegiatan olah raga, memperoleh pelayanan, fasilitas, pengarahan, bimbingan, pembinaan, dan dukungan sesuai dengan minat dan bakatnya.

Hal ini dibuktikan dengan adanya ajang olahraga bagi para disabilitas seperti Paralimpiade, ASEAN Para Games, IBSA World Championship and Games, FESPIC Games, Disability World Cups and Championships, Deaflympics, dan Special Olympic Wreld Games.

Mempertahankan nilai-nilai kebangsaan

Menurut Farzad Ghafouri dan kawan-kawan dalam jurnal Effects of Globalization on Sport Strategies (2009), pertumbuhan dan perkembangan program olahraga karena globalisasi dapat mempertahankan nilai-nilai kebangsaan.

Pertandingan olahraga internasional yang merupakan hasil dari globalisasi, menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan.

Di mana atlit, pelatih, organisasi olahraga, pemerintah, juga masyarakat saling mendukung agar negara dapat berkompetisi dan juga menjadi juara dalam pertandingan tersebut.

Hal tersebut mempertahankan jati iri bangsa dengan menumbuhkan rasa nasionalitas, rasa memiliki dan kebanggan atas bangsa, nilai-nilai gotong royong, dan juga saling membantu satu sama lain.

Olahraga dalam negeri menjadi dikenal oleh dunia

Globalisasi memperkuat citra bangsa dengan cara mengenalkan olahraga dalam negeri menjadi dikenal oleh dunia. Misalkan olahraga Pencak Silat Khas Indonesia yang diperkenalkan ke dunia melalui arus globalisasi.

Kini Pencak Silat telah menjadi salah satu cabang olahraga internasional dan diakui oleh UNESCO sebagai Intangible Cultural World Heritage atau Warisan Budaya Tak Beda Dunia.

Berkembangnya profesionalitas olahraga

Yanuar Kiram dalam jurnal Industrialisasi dan Komersialisasi dalam Olahraga (2017) menyebutkan bahwa globalisasi meningkatkan keterbukaan, demokratisasi, akuntabilitas, kredibilitasm tanggung jawab, dan juga persaingan yang menyebabkan meningkatnya profesionalitas dalam bidang olahraga.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/10/19/090000669/manfaat-globalisasi-di-bidang-olahraga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke