Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Contoh Globalisasi di Berbagai Bidang

KOMPAS.com - Globalisasi telah membawa dampak di berbagai bidang kehidupan manusia. Dampak tersebut ada yang sifatnya positif, namun ada pula yang negatif. Bisa dikatakan, globalisasi menimbulkan perubahan besar bagi kehidupan warga dunia.

Kata globalisasi erat kaitannya dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Namun, sebenarnya globalisasi juga berhubungan dengan bidang lainnya, seperti sosial dan budaya, ekonomi, pendidikan, hingga politik.

Globalisasi bukanlah suatu hal yang baru. Karena globalisasi diperkirakan mulai berkembang pesat di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Bahkan hingga saat ini, globalisasi masih terus berkembang dan membawa dampak besar.

Menurut Sri Suneki dalam jurnal Dampak Globalisasi terhadap Eksistensi Budaya Daerah (2012), globalisasi dianggap sebagai proses saat peristiwa, keputusan, serta kegiatan di suatu negara dapat berpengaruh pada negara lainnya.

Dikutip dari Manajemen Pemasaran di Era Globalisasi (2020) karya Hadion Wijoyo, dkk, secara etimologi, kata globalisasi berasal dari bahasa Inggris, globalize, berarti universal atau menyeluruh.

Penambahan imbuhan “ization” pada “globalization” berarti proses mendunia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti globalisasi adalah proses suatu hal (informasi, pemikiran, gaya hidup, serta teknologi) yang mendunia.

Contoh globalisasi di berbagai bidang

Seperti yang telah disebutkan di atas, globalisasi berhubungan erat dengan berbagai bidang kehidupan manusia, seperti ekonomi, politik, pendidikan, hingga sosial budaya. Berikut penjelasan beberapa contoh globalisasi di berbagai bidang:

https://www.kompas.com/skola/read/2021/09/07/120400569/contoh-globalisasi-di-berbagai-bidang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke