Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Brainstorming: Pengertian, Tujuan, dan Cara Melakukannya

KOMPAS.com - Dalam diskusi, terkadang brainstorming perlu dilakukan. Brainstorming diperlukan untuk mencari upaya penyelesaian suatu masalah. Sehingga hasilnya nanti diharapkan bisa disetujui semua pihak yang terlibat di dalamnya.

Pengertian brainstorming

Menurut Ali Kabul Mahi dan Sri Indra Trigunarso, dalam buku Perencanaan Pembangunan Daerah: Teori dan Aplikasi (2017), brainstorming dapat juga disebut curah pendapat.

Brainstorming adalah kegiatan berkelompok yang mana pesertanya saling berbagai ide mengenai suatu topik atau permasalahan.

Pelaksanaan brainstorming membantu peserta mengekspresikan berbagai ide yang dimilikinya untuk kemudian dicatat. Dikutip dari buku Pengajar Profesional: Teori dan Konsep (2021) karya Anita Purba, dkk, brainstorming membantu anggota kelompok untuk berani menyumbangkan atau menanggapi ide yang ada.

Adanya kegiatan tersebut dapat membantu penyelesaian masalah. Hasil akhir brainstorming biasanya berbentuk peta gagasan, yang menjadi kesepakatan bersama atau hasil diskusi dalam kelompok.

Tujuan brainstorming

Tujuan pelaksanaan brainstorming adalah mengumpulkan berbagai pendapat, informasi, ataupun pengalaman, untuk kemudian dijadikan peta informasi atau peta gagasan. Selain itu, brainstorming juga dilakukan supaya seseorang berani mengeluarkan ide atau gagasan yang dimilikinya.

Brainstorming juga bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Tentunya dalam melakukan aktivitas ini, peserta atau anggota kelompok diharapkan bisa berdiskusi dan akhirnya menentukan peta gagasan yang disepakati bersama.

Cara melakukan brainstorming

Dalam buku Sukses menjadi Sales Supervisor Hebat (2012) karya Frans M. Royan, disebutkan lima cara mudah melakukan brainstorming. Cara tersebut adalah:

https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/26/140935769/brainstorming-pengertian-tujuan-dan-cara-melakukannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke