Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Tanaman Serealia dan Manfaatnya

KOMPAS.com - Tanaman serealia dikenal juga sebagai sereal atau yang dalam Bahasa Inggris disebut cereal. Mayoritas tanaman serealia termasuk dalam keluarga Gramineae atau rumputan.

Biasanya bagian tanaman serealia yang dipanen ialah bagian bijinya. Tanaman ini memiliki banyak manfaat karena kaya akan kandungan karbohidratnya.

Tanaman serealia

Menurut Dja'far Shiddieq dankawan-kawan dalam buku Aspek Dasar Agronomi Berkelanjutan (2018), tanaman serealia atau cereal crops merupakan tanaman golongan rumputan yang bisa menghasilkan biji dan enak untuk dikonsumsi.

Tanaman serealia menyimpan banyak energi dalam bentuk pati di bijinya. Pati ini kemudian diekstraksi dan digunakan sebagai sumber energi untuk ternak maupun manusia.

Kira-kira kandungan pati dalam tanaman serealia berkisar antara 75 persen. Selain mengandung pati, tanaman serealia juga mengandung 12 persen protein, 2 persen lemak, sejumlah vitamin dan unsur mineral.

Padi merupakan salah satu contoh tanaman serealia. Padi ini kemudian diolah menjadi beras dan dimasak jadi nasi, yang merupakan makanan pokok orang Indonesia. Selain padi, gandum, jagung, barli dan sorgum juga termasuk tanaman serealia.

Mengutip dari buku Teknologi Produksi Tanaman Budi Daya (2019) karya Agus Suryanto, tanaman serealia sangat kaya akan kandungan karbohidratnya. Sehingga tidak mengherankan jika tanaman ini sering dijadikan bahan utama makanan manusia dan pakan ternak.

Umumnya tanaman serealia jenis padi dan gandum sering digunakan jadi bahan utama pangan manusia. Sedangkan jagung, sorgum, jali, oat, gandum hitam dan juwawut sering dijadikan bahan utama industri dan pakan ternak.

Banyak negara yang menggantungkan kebutuhan pangan pokoknya pada tanaman serealia. Salah satunya Indonesia yang menjadikan beras sebagai bahan utama makanan pokoknya.

Sedangkan orang Amerika Serikat juga sering mengonsumsi sereal yang diolah dari tanaman serealia.

Manfaat tanaman serealia

Manfaat utama tanaman serealia ialah dijadikan bahan utama makanan pokok manusia, olahan industri serta pakan ternak. Alasannya karena tanaman serealia kaya akan kandungan karbohidratnya.

Selain itu, tanaman serealia juga memiliki banyak manfaat lainnya, yakni:

  1. Baik untuk kesehatan karena memiliki kandungan pati dan protein yang cukup tinggi serta rendah lemak.
  2. Baik untuk pencernaan karena mengandung serat yang bermanfaat untuk mencegah sembelit.
  3. Meminimalisasi penyakit berbahaya seperti kanker karena mengandung beberapa senyawa kimia. Contohnya senyawa phytochemical pada gandum yang bisa menurunkan risiko kanker.
  4. Diolah dan dimanfaatkan menjadi bahan lainnya, misalnya tepung maizena yang berasal dari jagung.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/19/144208769/mengenal-tanaman-serealia-dan-manfaatnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke