Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rumus Keliling Layang-Layang

KOMPAS.com - Layang-layang adalah bangun datar dua dimensi yang terdriri dari empat buah sisi lurus. Layang-layang termasuk ke dalam poligon bersama dengan persegi, persegi panjang, jajar genjang, belah ketupat, dan segilima.

Layang-layang seringkali disamakan denan belah ketupat karena bentuknya yang hampir mirip. Namun tahukah kamu perbedaan belah ketupat dan layang-layang?

Dilansir dari The University of Georgia, belah ketupat memiliki empat buah sisi yang kongruen, sedangkan layang-layang memiliki dua pasang sisi kongruen namun sisi berlawanannya tidak kongruen.

Namun pada layang-layang hanya pasangan sisi yang sama panjang yaitu EF=FG dan AH=GH. Panjang kedua diagonal dan dua pasang sisinya akan selalu berbeda.

Seperti bangun datar lainnya, layang-layang memiliki keliling. Keliling layang-layang adalah jumlah sisi terluarnya dengan rumus sebagai berikut:

Keliling layang-layang = EF + FG + GH + EH = (2 x EF) + (2 x GH)

Untuk lebih memahami cara mencari keliling layang-layang, yuk kita simak pembahasan soal di bawah ini!

Contoh Soal:

1. Panjang sisi terpendek layang-layang adalah 10 cm, sedangkan sisi terpanjangnya adalah 18 cm. Keliling layang-layang tersebut adalah…

Jawaban:

Keliling

= (2 x sisi terpendek) + (2 x sisi terpanjang)
= (2 x 10) + (2 x 18)
= 20 + 36
= 56 cm.


2. Berapakah keliling layang-layang berikut ini?

Jawaban:

Dari gambar terlihat bahwa layang-layang memiliki diagonal 1 sebesar 10 cm dan diagonal 2 sebesar 15 cm. Untuk mengetahui keliling layang-layang tersebut, kita harus mencari panjang sisi terpendek dan terpanjangnya melalui persamaan pitagoras.

= (2 x sisi terpendek) + (2 x sisi terpanjang)
= (2 x 13) + (2 x 5,8)
= 26 + 11,6
= 37,6 cm

https://www.kompas.com/skola/read/2021/03/15/182856669/rumus-keliling-layang-layang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke