Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Diksi Diperlukan dalam Berbahasa?

Tentunya pada saat berinteraksi, manusia harus menggunakan bahasa yang baik dan benar, agar tidak ada kesalahpahaman dan suasananya tetap baik atau kondusif.

Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam berbahasa adalah pemilihan serta penggunaan kata yang tepat dengan kondisi atau peristiwa yang sedang terjadi.

Contohnya jika ada teman yang sedang berulang tahun, sebaiknya mengucapkan selamat serta memberikan harapan yang baik untuknya.

Pemilihan kata-kata yang dilakukan oleh penyair dalam puisinya disebu diksi. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan diksi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diksi merupakan pemilihan kata yang harus selaras dan tepat dalam penggunaannya, digunakan untuk mengungkapkan gagasan.

Dalam berbahasa, diksi memiliki beberapa fungsi. Berikut adalah penjelasannya yang dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud):

  1. Membantu dalam pengungkapan ide secara verbal.
  2. Memberi bentuk gagasan yang tepat dalam berbahasa.
  3. Mempermudah proses komunikasi antar sesama manusia.
  4. Menciptakan kondisi yang kondusif dan baik saat berkomunikasi.
  5. Menghindari kesalahpahaman dan perbedaan pemikiran atau persepsi.
  6. Meningkatkan keefektifan dalam berkomunikasi, sehingga lebih mudah dimengerti.

Pemilihan kata atau diksi dalam berbahasa tidak hanya bertujuan untuk memperindah kalimat. Namun, diksi juga memberi kemudahan dalam berkomunikasi.

Jika melihat dari fungsi diksi,seperti yang telah dijelaskan di atas, secara garis besar fungsi tersebut menggambarkan tentang seberapa pentingnya penggunaan diksi dalam berbahasa.

Pemilihan serta penggunaan kata yang tepat akan menciptakan suasana yang tetap kondusif dan mencegah kesalahpahaman dalam berkomunikasi.

Selain itu, pemilihan kata juga harus disesuaikan dengan pendengar atau pembaca agar lebih mudah dimengerti dan tidak ada kesalahan persepsi.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/13/200016469/mengapa-diksi-diperlukan-dalam-berbahasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke