Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Maksud RSVP pada Undangan?

RSVP dicantumkan untuk memberitahu tamu bahwa mereka perlu melakukan konfirmasi sebelum menghadiri acaranya.

RSVP merupakan sebuah singkatan dari Bahasa Perancis. Melansir The Spruce, RSVP berasal dari ungkapan Bahasa Perancis répondez s'il vous plaît yang artinya tolong tanggapi.

Dalam Bahasa Inggris, ungkapan ini diterjemahkan menjadi “please respond”. Jika RSVP ditulis dalam sebuah undangan, maka tuan rumah telah meminta tamu menanggapi untuk mengatakan apakah mereka berencana untuk menghadiri pestanya.

Jadi, tuan rumah menuliskan RSVP untuk memastikan apakah yang mereka undang akan hadir atau tidak ke acaranya.

Dalam sebuah undangan formal, tuan rumah biasanya memberikan kartu sendiri beserta amplopnya untuk tamu membalas undangan tersebut.

Sedangkan untuk undangan informal, tuan rumah memberikan nomor telepon, alamat surel, alamat SMS, atau media sosial untuk membalas undangan, yang disertai dengan petunjuk.

RSVP berguna untuk tuan rumah karena mereka bisa memperhitungkan jumlah tamu yang datang. Untuk menghormati tuan rumah, alangkah baiknya jika yang diundang melakukan RSVP kepada kontak narahubung yang dicantumkan.

Selain itu, biasanya RSVP juga diberi tenggat waktu tertentu sebelum hari-H. Dengan begitu, setelah menerima undangan, lebih baik segera memeriksa jadwal dan melakukan RSVP.

Jika ada hambatan atau acara mendadak yang sangat mendesak, kita bisa menghubungi kembali narahubung yang ada.

Sebaliknya jika kita tidak merespon undangan tersebut, bisa saja kita dianggap tidak akan hadir dan fasilitas atau akomodasi yang akan diberikan bisa dibatalkan.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/21/161627769/apa-maksud-rsvp-pada-undangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke