Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kombinasi Teknik Menggiring dan Menembak Bola dalam Permainan Basket

Olaharaga bola basket bertujuan untuk mencetak poin serta memenangkan pertandingan. Maka semua pemain basket harus berlatih dan menguasai keterampilan teknik dasar.

Menggiring dan menembak bola ke ring basket merupakan dua teknik dasar dalam permainan basket.

Tidak hanya menggiring atau melempar bola, pemain basket juga harus mengkombinasikan berbagai teknik dasar tersebut agar menjadi sebuah gerakan yang utuh.

Salah satu contoh gerakan kombinasi dalam permainan basket adalah kombinasi teknik menggiring serta menembak bola ke dalam ring basket.

Gerakan kombinasi ini bisa dilakukan ketika seorang pemain jaraknya tidak cukup jauh dengan ring basket sehingga memungkinkan untuk menggiring serta menembak bola ke dalam ring basket.

Gerakan kombinasi ini juga bisa dilakukan ketika posisi pemain yang membawa bola paling dekat dengan ring basket dan tidak ada pemain kawan yang berada di dekat ring basket.

Secara garis besar, teknik menggiring bola basket dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai sambil berlari atau berjalan dan berpindah posisi.

Sedangkan teknik menembak bola ke dalam ring basket dilakukan untuk mencetak poin. Tentunya posisi tubuh dalam melakukan teknik ini juga sangat berpengaruh.

Lantas, bagaimana cara melakukan gerak kombinasi teknik menggiring serta menembak bola ke dalam ring dalam permainan basket?

Berikut langkah-langkah singkat untuk melakukan gerak kombinasi teknik menggiring dan menembak bola ke dalam ring yang mengutip dari situs Breakthrough Basketball: 

Kemampuan menggiring bola sangat berpengaruh pada saat menembakkan bola ke dalam ring basket.

Maka dari itu kuasailah teknik menggiring bola terlebih dahulu sebelum menembak bola ke dalam ring.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/23/115500069/kombinasi-teknik-menggiring-dan-menembak-bola-dalam-permainan-basket

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke